Foto-foto Instagram Mendadak "Blur" di iPhone 2018 - Kompas.com

Foto-foto Instagram Mendadak "Blur" di iPhone 2018

Kompas.com - 21/12/2018, 14:32 WIB
Ilustrasi Logo InstagramHollywood Reporter Ilustrasi Logo Instagram


KOMPAS.com - Instagram terus melakukan pembaruan guna mendatangkan fitur terbaiknya. Namun, baru-baru ini, update aplikasi jejaring sosial berbasis foto itu disebut membawa masalah bagi pengguna iPhone 2018.

Pasalnya, pembaruan Instagram versi 75 di iOS ini malah membuat gambar dan teks tampak terlihat buram, saat dilihat dari layar iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR.

Hal ini dilaporkan oleh salah satu pengguna iPhone XS Max di forum Reddit dengn akun Mhx3, yang mengatakan tampilan Instagram di ponselnya menjadi lebih besar dan terkesan blur.

"Baru saja memperbarui aplikasi Instagram saya hari ini dan melihat sepertinya kali ini dukungan layar iPhone XS Max tak diberikan lagi (mungkin karena kesalahan?)," tulis Mhx3.

Penasaran berlanjut, dia pun langsung membandingkan aplikasi Instagram di ponsel miliknya dan di iPhone XS Max milik istrinya.

Ilustrasi Instagram 74 dan 75, perbedaannyaPhone Arena Ilustrasi Instagram 74 dan 75, perbedaannya

Tampak dari gambar, tampilan versi Instagram 75 terkesan lebih "dibesarkan" daripada versi 74.

Walhasil, beberapa detail antarmuka pun, termasuk teks, foto, serta ikon di bagian Stories dan di bawah terlihat buram dan tampak memiliki jarak antar objek yang lebih luas daripada versi 74 karena layar iPhone XS Max yang besar.

Apa sebabnya?

Melihat isu ini, Facebook selaku induk Instagram pun memberikan tanggapan. Menurut Facebook, masalah itu timbul lantaran update aplikasi Instagram di iOS secara tak sengaja disusun dengan XCode versi lama.

Xcode adalah alat untuk memasukkan dan menyusun pembaruan, serta peranti untuk melakukan distribusi aplikasi ke App Store.

Dilansir KompasTekno dari 9to5Mac, Jumat (21/12/2018), agar bisa mendukung layar iPhone XS dan XS Max, aplikasi harus ditangani dengan Xcode terbaru (versi 10) agar nantinya bisa dihubungkan dengan iOS 12 yang terpasang di iPhone 2018.

Karena menggunakan Xcode lama, maka aplikasi tersebut otomatis menyesuaikan diri ke iPhone yang didukung oleh Xcode lama, lalu dihubungkan ke versi iOS 9 (versi minimal untuk memasang Instagram).

Dengan begitu, aplikasi Instagram ini akhirnya tak kompatibel dengan versi iPhone baru yang tersemat iOS 12, menyebabkan tampilan linimasa itu terpaksa diskalakan.

Kendati masalah ini sudah diketahui penyebabnya, belum pasti kapan pihak Instagram melayangkan perbaikan, lantaran belum ada kejelasan terkait langkah selanjutnya.

Namun, untuk menghindari isu ini, pengguna disarankan tidak memperbarui aplikasi Instagram ke versi 75 di iPhone 2018 sebelum dukungan layar diperbaiki.



Close Ads X