Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Instagram Rilis Fitur "Walkie-Talkie" Serupa "Voice Note" WhatsApp

Kompas.com - 11/12/2018, 09:31 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah sempat diuji coba beberapa bulan lalu, jejaring sosial berbagi foto, Instagram resmi menggulirkan fitur voice messaging.

Fitur yang disebut Instagram Walkie-Talkie ini mirip dengan voice note WhatsApp, memungkinkan pengguna mengirim-balas pesan dengan suara, tanpa harus repot mengetik.

Cara penggunaan voice messaging di Instagram sendiri terbilang mudah. Setelah melakukan update, pada antarmuka Direct Message (DM) akan muncul ikon bergambar mikrofon, tepat di sebelah kiri ikon berkirim foto dari galeri.

Pengguna tinggal menekan dan menahan tombol mic tersebut, sampai kotak  berlatar "Message" berubah jadi warna biru dengan gelombang putih, untuk merekam suara.

Ilustrasi walkie-talkie Instagram untuk rekam suaraTechCrunch Ilustrasi walkie-talkie Instagram untuk rekam suara

Lantas, setelah selesai berbicara, lepas tombol mic untuk mengirim suara tersebut ke kerabat yang sedang di-DM secara satu per satu, atau bisa mengirim ke group chat di Instagram. Fitur ini serupa fitur "Voice Note" yang ada di layanan chatting WhatsApp.

Mereka juga bisa membatalkan perekaman suara dengan menggeser jarinya, ketika sedang menekan rekam, ke tombol berlabel tempat sampah yang ada pada sebelah kiri kolom. Durasi suara yang direkam dibatasi selama satu menit.

Baca Juga: Cara Instagram Bantu Tunanetra Melihat Posting-an

Pesan suara tersebut sifatnya permanen di antarmuka DM, berbeda dengan pesan foto yang bakal hilang setelah dilihat oleh penerima.

Ilustrasi penggunaan Walkie-Talkie di DMTechCrunch Ilustrasi penggunaan Walkie-Talkie di DM

Lebih lanjut, fitur ini sekiranya berguna untuk mereka yang kerap menggunakan ponsel tanpa harus dipegang, atau hands-free, seperti pengendara mobil atau motor.

Kehadiran pesan suara juga diklaim akan memudahkan pengguna mengucapkan kalimat yang ejaannya susah diketik.

Untuk menikmati fitur Walkie-Talkie ini, pengguna dapat memperbarui aplikasi Instagram mereka ke versi terbaru. Update ini telah dirulis secara global mulai hari ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (11/12/2018).

Kemampuan berkirim pesan suara bukan sebuah hal yang baru bagi raksasa jejaring sosial Facebook. Pada 2013, Facebook sudah menyematkan fitur pesan suara ini di layanan chatting Messenger

Sementara WhatsApp yang juga menginduk ke Facebook, sudah meluncurkan fitur pesan suara 5 tahun sebelum "voice messaging" ada di platform Messenger.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com