Instagram Ubah Cara "Scrolling", Pengguna Mengamuk di Twitter

Kompas.com - 28/12/2018, 10:17 WIB
InstagramYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com Instagram

KOMPAS.com - Kamis malam kemarin, waktu Indonesia, sejumlah pengguna Instagram di dunia geger dengan sebuah perubahan radikal yang mendadak diterapkan. 

Pembaruan tersebut terkait dengan cara "scrolling" di linimasa utama Instagram yang selama ini dilakukan dengan menggulir ke bawah (vertikal), tib-tiba berubah menjadi "swipe" atau geser ke kiri (horizontal).

Kurang lebih antarmukanya mirip Instagram Story yang di-tap atau geser ke kiri untuk melihat posting selanjutnya. Mereka yang mendapat update dadakan Instagram ini Sebagian besar merupakan pengguna Instagram iOS versi 12.1.2.

Baca juga: 2 Cara Bikin Foto Instagram #2018BestNine

Beberapa pengguna ada yang menyukai cara scrolling baru, namun lebih banyak yang kecewa dengan pembaruan tersebut. Mereka pun ramai-ramai mengamuk di Twitter.

Hal tersebut juga terjadi di Indonesia di mana hingga pagi ini, Jumat (28/12/2018). Tagar #instagramupdate masih populer di Trending Topic Twitter Indonesia.

Dirangkum KompasTekno dari CNBC, tagar #instagramupdate bahkan menjadi trending nomor satu di Amerika Serikat pada Kamis pagi waktu setempat.

Tak lama setelah ramai diperbincangkan, Head of Product Instagram, Adam Mosseri memberikan klarifikasi. Membalas kicauan dari pengamat media sosial Matt Navara, ia mengatakan bahwa uji coba tersebut tersebar karena "kecelakaan" alias error.

"Ini sejatinya uji coba kecil yang tersebar luas tanpa sengaja. Segera akan diperbaiki. Jika Anda masih mendapatinya (feed geser ke samping), muat ulang aplikasi," tulis Mosseri.

Kembali vertikal

Setali tiga uang, melalui akun resminya, Instagram juga telah mengumumkan bahwa pembaruan tersebut dikarenakan bug dan akan segera mengembalikan "masalah" feed tersebut ke antarmuka scrolling.

Tangkapan layar pembaruan feed Instagram horisontal di mana komentar bisa digulir ke bawah dengan tetap bisa melihat unggahan.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar pembaruan feed Instagram horisontal di mana komentar bisa digulir ke bawah dengan tetap bisa melihat unggahan.

Setelah kicauan tersebut beberapa pengguna melaporkan bahwa cara scrollng Instagramnya kembali seperti semula, yakni vertikal atau gulir ke bawah.

Oktober lalu, Instagram memang disebut-sebut menyiapkan beberapa pembaruan besar, salah satunya adalah UI feed Instagram dan menu profil.

Awal Desember lalu, akun WABetaInfo juga melaporkan bahwa fitur feed horizontal yang disebut "card".

 

 

KompasTekno sempat mendapat laporan dari beberapa pengguna iOS yang sempat menjajal fitur feed horizontal ini.

Ada beberapa perubahan yang cukup mencolok. Misalnya kolom komentar yang muncul di bawah posting, pengguna bisa tetap menggulir komentar sambil tetap melihat unggahan foto atau video.

Baca juga: 5 Postingan Instagram Paling Banyak Di-"Like" di Indonesia 2018

Perubahan juga terjadi pada pengalaman membuka menu pesan langsung (DM). Jika pada feed vertikal membuka DM cukup dengan swipe ke kiri, maka ketika berubah menjadi feed horizontal, menu DM hanya bisa diakses melalui ikon DM di pojok kanan atas.



Close Ads X