iPhone Mahal Bakal Berlabel "Made in India"?

Kompas.com - 28/12/2018, 18:13 WIB
Ilustrasi ZDNetIlustrasi

KOMPAS.com - Jajaran iPhone high-end yakni iPhone X hingga yang terbaru iPhone XS Max, nampaknya bakal berlabel "Made in India". Pasalnya, lini iphone kelas atas itu akan mulai dirakit di India tahun depan.

Rekanan manufaktur Apple, Foxconn dikabarkan akan memulai produksi flagship iPhone tersebut mulai awal 2019, di fasilitas perakitan di Striperumbudur, India bagian selatan.

Dana investasi sebesar 356 juta dollar AS (sekitar Rp 5 triliun) akan digelontorkan untuk memperluas pabrik Foxconn di sana. Pabrik ini diperkirakan akan menyerap 25.000 tenaga kerja.

Perluasan pabrik Foxconn di India menjadi salah satu alternatif Apple di tengah isu perang dagang AS- China. Selama ini, Apple memang mengandalkan pabrikan asal China itu untuk memproduksi iPhone yang kemudian diekspor kembali ke AS.

Beberapa bulan lalu, Predisen AS Donald Trump berencana mengenakan tarif tambahan 10 persen terhadap produk yang diimpor dari China.

Trump diagendakan bertemu dengan Presiden China, Xi Jinping dalam pertemuan G20 Summit Januari 2019 mendatang, untuk bernegosiasi terkait hubungan dagang kedua negara itu.

Baca juga: Trump Berencana Kenakan Pajak, Harga iPhone Terancam Makin Mahal

Jika tak memperoleh kesepakatan, Trump akan mengenakan tarif 10-25 persen untuk impor barang senilai 267 miliar dollar AS dari China, yang selama ini belum dipajaki. iPhone dan laptop termasuk dalam kategori barang impor yang belum dikenakan tarif ini.

Hingga saat ini, pabrik Foxconn di India baru merakit seri iPhone lawas, seperti iPhone 6s dan iPhone SE. Konsumen India lebih banyak yang memburu iPhone model tersebut karena harganya lebih terjangkau.

Sementara itu, dilansir KompasTekno dari Tech Spot, Jumat (28/12/2018), lebih dari separuh iPhone yang terjual di India merupakan iPhone model lama, di bawah seri iPhone 8.

India masih menjadi salah satu negara penting bagi Apple, terlebih ongkos komponen yang murah untuk produksi iPhone lama, bisa menjadi pijakan Apple di India.

Belum diketahui apakah Apple akan menarik pabriknya di China atau hanya akan menambah kapabilitas manufakturnya saja. Foxconn masih enggan menanggapi perkara tersebut. Selain India, Foxconn juga disebut akan membangun pabrik baru di Vietnam.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Tech Spot
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X