Kompas.com - 17/01/2019, 18:43 WIB
Salah seorang teknisi dari XL Axiata terlihat sedang memperbaiki jaringan jaringan XL Axiata disalah satu tower yang ada di Kota Tanjungpinang. Untuk menjelang perayaan bulan Suci Ramadhan dan Lebaran 2018, jaringan XL Axiata dijamin aman di wilayah Kepulauan Riau. KOMPAS.COM/ DOK XL AXIATASalah seorang teknisi dari XL Axiata terlihat sedang memperbaiki jaringan jaringan XL Axiata disalah satu tower yang ada di Kota Tanjungpinang. Untuk menjelang perayaan bulan Suci Ramadhan dan Lebaran 2018, jaringan XL Axiata dijamin aman di wilayah Kepulauan Riau.

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata (XL) mengatakan bahwa wilayah Sumatera dan kepulauan di sekitarnya mengalami pertumbuhan paling pesat di luar Jawa. Oleh karenanya, XL menyatakan niatnya untuk semakin serius memperluas jaringan data di pulau paling barat nusantara ini.

Menurut Group Head West Region XL Axiata, Francky Rinaldo Pakpahan, terjadi lonjakan trafik yang signifikan selama libur Natal dan Tahun Baru. Lonjakan ini menjadi bukti bahwa kebutuhan pelanggan XL Axiata di wilayah tersebut semakin besar.

"Peningkatan permintaan pelanggan dan masyarakat Sumatera atas layanan XL Axiata bisa dibilang cukup tinggi. Ini terjadi hampir merata di semua provinsi," ungkap Francky.

Hingga saat ini jumlah pelanggan XL Axiata di wilayah Sumatera tercatat sekitar 16 persen dari total pelanggan secara keseluruhan.

Dari jumlah tersebut, lebih dari 80 persennya merupakan pelanggan data. Sejalan dengan pertumbuhan jumlah pelanggan data, XL mengklaim trafik penggunaan layanan data juga meningkat signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Karena itu, kami juga tidak ragu untuk terus membangun jaringan data 4G LTE di hampir semua provinsi di Sumatera. Pembangunan tersebut akan terus berlanjut di tahun 2019 ini," lanjutnya.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (17/1/2019), ada beberapa propinsi di wilayah Sumatera yang penggunaan layanan datanya terus mengalami peningkatan yang signifikan yakni Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Lampung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu jika dibagi berdasarkan wilayah kota dan kabupaten, penggunaan layanan data tertinggi terdapat di di kota Medan, Deli Serdang, Pekanbaru, Batam, dan Bandar Lampung.

Francky menuturkan meski masih akan memprioritaskan area dengan permintaan tinggi, pihaknya akan tetap membangun jaringan 4G LTE di wilayah yang belum tinggi permintaannya.

Hingga akhir Oktober 2018, tercatat ada lebih dari 5.500 BTS 4G di seluruh Sumatera dan kepulauan sekitarnya. Selama 9 bulan di tahun 2018, XL Axiata setidaknya telah membangun sekitar 2.300 BTS 4G di seluruh Sumatera.

Jumlah tersebut merupakan 22 persen dari total BTS 4G yang dibangun XL Axiata di seluruh Indonesia.

Provinsi dengan jumlah BTS 4G terbanyak adalah Sumatera Utara dengan sekitar 1.400 BTS 4G. Selanjutnya Lampung dengan hampir 800 BTS 4G.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.