3 Laptop Asus ZenBook Meluncur di Indonesia, Diklaim Terkecil di Dunia

Kompas.com - 17/01/2019, 20:25 WIB
Jimmy Lin, Regional Director Asus Southeast Asia di acara peluncuran Asus Zenbook di Jakarta, Kamis (17/1/2019). KOMPAS.com/Oik Yusuf ArayaJimmy Lin, Regional Director Asus Southeast Asia di acara peluncuran Asus Zenbook di Jakarta, Kamis (17/1/2019).
Penulis Oik Yusuf
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Asus memperbarui lini laptopnya di Indonesia lewat peluncuran tiga model ZenBook baru, yakni ZenBook UX333 (13 inci), UX433 (14 inci), dan UX533 (15 inci).

Trio ZenBook yang resmi diperkenalkan dalam acara di Jakarta, Kamis (17/1/2019) ini diklaim merupakan laptop terkecil di dunia untuk ukuran layar masing-masing.

"ZenBook adalah laptop terkecil di dunia. Ukurannya bahkan lebih kecil dibandingkan MacBook Air," ujar Regional Director Asus Southeast Asia, Jimmy Lin saat memperkenalkan trio ZenBook baru di panggung acara.

Sebagai perbandingan, Lin turut mengatakan bahwa ukuran ZenBook (13 inci) 9 persen lebih kecil dibandingkan lembaran kertas A4. Disandingkan dengan MacBook Air berbentang layar sama, ZenBook 13 inci disebut lebih mungil 29 persen.

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap ukuran kecil trio laptop ZenBook adalah bingkai layarnya (bezel) yang tipis dengan ketebalan hanya 2,8 mm di sisi kanan dan kiri.

Trio Asus Zenbook 13, 14, 15 inci yang diklaim tertipis di dunia.KOMPAS.com/Oik Yusuf Araya Trio Asus Zenbook 13, 14, 15 inci yang diklaim tertipis di dunia.
Walhasil, panel display ZenBook bisa nyaris memenuhi tampilan layar dengan rasio screen-to-body mencapai 95 persen, tanpa harus memperlebar ukuran fisik.

Baca juga: Asus Klaim Kuasai Pasar Laptop Gaming di Indonesia

Selain itu, varian teratas dari ZenBook 13 inci, 14 inci, dan 15 inci turut dibekali fitur touchpad yang bisa merangkap sebagai numpad, alias deretan tombol untuk input angka yang biasanya hanya terdapat pada keyboard desktop atau laptop berukuran besar.

"Tombol-tombol numpad ini diaktifkan dengan menekan sisi pojok kanan atas touchpad," ujar Asus Indonesia Country Product Manager Jonas Chen.

Spesifikasi dan harga

Asus ZenBook 13 inci memiliki ketebalan 1,69mm dan bobot 1,19 kg. Bentang layarnya 13,3 inci dengan resolusi full-HD. Laptop ini ditawarkan dalam tiga varian.

Pertama adalah ZenBook UX333FA dengan prosesor Intel Core-i5 8265U, RAM 8 GB, dan SSD 256 GB yang dibanderol Rp 15,3 juta.

Lalu, ada ZenBook UX333FN berprosesor Intel Core-i5 8265U, RAM 8 GB, SSD 512 GB, dan GPU Nvidia GeForce MX150. Varian ini dihargai Rp 18,3 juta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X