Bocoran Spesifikasi CPU dan GPU PlayStation 5

Kompas.com - 25/01/2019, 18:30 WIB
 Ilustrasi Ps5LetsGoDigital Ilustrasi Ps5

KOMPAS.com - Rumor bahwa PlayStation 5 ( PS5) bisa menjalankan game 240 FPS (frame per detik) dan resolusi 4K telah beredar sebelumnya. Kali ini, bocoran lain terkait hardware konsol PS5 itu tersebar.

Konsol PS5 yang diyakini bakal jadi pesaing Xbox 2 itu dikabarkan akan mengusung APU (gabungan CPU+GPU) AMD "Gonzalo".

Kabar ini disebar oleh seorang pembocor hardware yang selama ini terpercaya, lewat akun Twitter-nya, @Tum_Apisak.


Menurutnya, dari kode yang tersemat di arsitektur AMD Gonzalo, PS5 bakal memiliki CPU delapan core, serupa dengan yang ada di PS4 Pro.

Namun arsitektur CPU tersebut berbeda, yakni menggunakan arsitektur AMD Zen 2 yang akan datang atau paling tidak upgrade dari AMD Zen+ sebelumnya.

Kecepatan (clock speed) CPU-nya sendiri diprediksi disebut berkisar di angka terendah 1 GHz hingga tertinggi 3,2 GHz. Sebagai perbandingan, PS4 Pro yang mengusung APU AMD Jaguar memiliki clock speed maksimal 2,13 GHz.

Sementara pada aspek GPU (grafis), PS5 disebut bakal menggunakan arsitektur GPU Navi 10 Lite. Kecepatan GPU tersebut dikabarkan dapat beroperasi hingga maksimal 1 GHz, atau bahkan bisa lebih.

Kombinasi Zen (CPU) dan Navi (GPU) terbaru ini disebut bakal dipadankan dalam chip APU yang memiliki cache L2 sebesar 4 MB dan cache L3 sebesar 16 MB.

Baca juga: PlayStation 5 Diramal akan Jauh Lebih Kuat dari PlayStation 4 Pro

Dengan begitu, jika spesifikasi APU di atas benar, maka performa grafis PS5 diprediksi bakal lebih kuat dibandingkan PS4 Pro. Belum lagi ada kabar yang menyebut bahwa PS5 juga mendukung gameplay dengan 240 FPS dan resolusi 4K. 

Kendati demikian, belum diketahui pasti spesifikasi rinci APU AMD Gonzalo ini. Sebab, AMD sendiri baru akan meluncurkan GPU dengan arsitektur Navi terbaru sekitar Juni 2019.

Sementara, CPU dengan arsitektur Zen 2 sendiri baru muncul di dua produk AMD, yakni prosesor seri Epyc dan Ryzen 3.

Untuk ketersediaan konsol, PlayStation 5 disinyalir bakal diperkenalkan pada ajang pameran komputer dan video game, E3 pada 2020 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TrustedReviews, Jumat (25/1/2019).




Close Ads X