Apple Tambah Hadiah Uang Untuk Lomba Foto iPhone Setelah Dikritik

Kompas.com - 27/01/2019, 16:09 WIB
Kamera iPhone X, dual camera resolusi 12 megapiksel. AppleKamera iPhone X, dual camera resolusi 12 megapiksel.

KOMPAS.com - Lomba foto khusus iPhone bertajuk #ShotoniPhone yang digelar Apple sempat menuai kontroversi. Pasalnya, Apple hanya menawarkan hadiah berupa 'exposure' berupa pencantuman nama di 10 foto yang terpilih.

Apple tidak menyebutkan adanya hadiah berupa uang. Padahal, Apple akan memajang foto-foto pemenang di billboard, Apple Store, dan media sosisal Apple di seluruh dunia untuk keperluan komersil.

Setelah manuai kritik dari publik karena seakan ingin mendapat foto promosi secara gratisan, akhirnya Apple merevisi ketentuan lombanya. Perubahan ketentuan lomba yang mengatur hadiah tercantum dalam poin enam.

"Hadiah tidak bisa ditransfer. Tidak ada hadiah berupa uang tunai dan tidak bisa diganti dengan uang," tulis Apple sebelumnya dalam ketentuan lomba.

Baca juga: Apple Gelar Lomba Foto Khusus iPhone Tanpa Hadiah Uang

Dalam aturan terbarunya, Apple mengganti kalimat "tidak ada hadiah berupa uang tunai" menjadi "para pemenang akan menerima biaya lisensi untuk penggunaan di billboard dan kanal marketing Apple lainnya".

Adanya pembaruan aturan ini dibenarkan Apple, sebagaimana KompasTekno rangkum dari The Inquirer, Minggu (27/1/2019).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Fotografer yang masuk dalam final 10 foto terbaik akan mendapat biaya lisensi untuk penggunaan foto di billboard dan kanal marketing Apple lainnya," tulis Apple dalam revisi ketentuan lombanya.

Revisi ketentuan lomba foto #ShotoniPhone. Ketentuan lama menegaskan tidak ada hadiah berupa uang tunai (poin atas), dan diganti dengan penagdaan hadiah berupa biaya lisensi (poin baru).The Inquirer Revisi ketentuan lomba foto #ShotoniPhone. Ketentuan lama menegaskan tidak ada hadiah berupa uang tunai (poin atas), dan diganti dengan penagdaan hadiah berupa biaya lisensi (poin baru).


Sempat dikritik

Dengan demikian, selain iming-iming "exposure" lewat pencantuman nama fotografer dalam karya yang dipakai Apple untuk keperluan komersil, pemenang lomba foto iPhone pun bakal mendapat

Sebelumnya, sebagian kalangan mengkritik bentuk hadiah yang diberikan Apple untuk kontes #ShotoniPhone. Salah satunya dari ArsTechnica, Trevor Mahlmann.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.