Opera Browser Sediakan VPN Gratis untuk Pengguna Android

Kompas.com - 11/02/2019, 08:29 WIB
Logo Opera browser.Ist Logo Opera browser.

KOMPAS.com - Pengguna Android yang menggunakan browser Opera pada ponselnya, kini tak perlu lagi menginstal VPN saat membutuhkan. Pasalnya, Opera sudah menyediakan fitur VPN yang dapat diaktifkan langsung ketika browser digunakan. 

Fitur tersebut diumumkan Opera lewat blog resminya. Menurut pihak Opera, fitur VPN ini digelontorkan pada pengguna sebagai perlindungan tambahan ketika berselancar di dunia maya.

"Kami telah mulai menguji fitur VPN bawaan pada browser kami untuk pengguna Android. Pengguna Beta di seluruh dunia dapat menguji fitur VPN ini dengan gratis dan tak terbatas," tulis pihak Opera.

"Fitur baru ini dirancang untuk meningkatkan kontrol dan privasi penjelajahan Anda. Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi berbayar secara terpisah untuk melindungi aktivitas Anda saat menggunakan Wi-Fi publik," lanjut mereka.

Baca juga: Layanan VPN Gratis dari Opera Dihentikan Akhir April

Cara mengaktifkan VPN ini sangat mudah. Pertama-tama, pengguna cukup mengunduh "Opera browser beta" di Google Play Store. Setelah terinstal, cukup masuk pada menu "pengaturan" atau "setting" dan pengguna akan menemukan tombol untuk menyalakan dan mematikan VPN.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Senin (11/2/2019), pengguna juga bisa memilih lokasi virtual mana yang akan digunakan setelah mengaktifkan VPN ini. Pengguna bisa memilih lokasi di Eropa, Amerika, maupun Asia.

Baca juga: DNS Internet 1.1.1.1 Diresmikan, Diklaim Terkencang di Dunia

VPN sendiri memang menjadi sebuah alat yang penting untuk melindungi privasi kita di dunia maya. Namun VPN juga seringkali disalahgunakan untuk membuka situs web yang diblokir di suatu wilayah.

Meskipun VPN ini bisa digunakan secara cuma-cuma, Opera menjamin bahwa pihaknya tidak akan menyimpan atau mengumpulkan data tertentu dari pengguna.

"VPN kami adalah layanan tanpa meninggalkan 'log', yang berarti kami tidak akan bisa mengumpulkan informasi apapun dari mereka yang menggunakan server jaringan ini. Ini akan menjaga data pribadi Anda terlindungi dari penyusup ketika terhubung dengan jaringan Wi-Fi publik," ungkap pihak Opera.

Jangan lupa follow Twitter KompasTekno dan Facebook KompasTekno untuk mendapatkan berita-berita terbaru. Tak ketinggalan juga subscribe channel YouTube KompasTekno untuk menonton video-video seru seputar teknologi.

Baca juga: Mulai Besok, Netizen Indonesia Tak Bisa Lagi Googling Gambar Porno



Close Ads X