Cara Agar Facebook Tak Melacak Lokasi Kita

Kompas.com - 24/02/2019, 17:40 WIB

KOMPAS.com - Facebook merupakan salah satu media sosial yang "menyedot" data pengguna, seperti seperti usia, jenis kelamin, minat, lokasi, dll.

Data tersebut dikumpulkan untuk kepentingan pengiklan. Para pengiklan bisa menyasar audiens yang sesuai target dengan sangat mudah.

Lantas bagaimana caranya agar Facebook berhenti "mengikuti" kita untuk mendapat data lokasi di mana kita berada? Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (22/2/2019).

Baca juga: Tersangkut Skandal Privasi Baru, Facebook Salahkan Pengguna

iOS

Bagi pengguna iOS, Anda dapat mematikan langsung fungsi pelacak lokasi ini pada aplikasi Facebook milik Anda. Caranya pertama-tama buka aplikasi Facebook yang terinstal dalam perangkat iOS Anda.

Kemudian masuk ke menu "setting and privacy" dan pilih "setting". Gulirkan ke bawah sampai Anda menemukan pilihan "Privacy".

Pada pilihan itu, kemudian sentuh opsi "location option" dan Anda akan mendapati tiga pilihan.

Anda bisa memilih "Only While Using the App" untuk mengizinkan aplikasi melacak lokasi Anda hanya saat aplikasi tersebut digunakan. Kemudian untuk mematikan sepenuhnya, Anda bisa memilih "Dont Allow".

Selain itu, Anda juga bisa mematikan pilihan "location history" agar aplikasi tidak menyimpan data mengenai tempat-tempat yang pernah Anda datangi sebelumnya.

Baca juga: Facebook Lacak Riwayat Telepon dan SMS Pengguna Android

Android

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.