Huawei P30 Pro Sabet Gelar Ponsel Berkamera Terbaik dari DxOMark

Kompas.com - 27/03/2019, 15:53 WIB
Hasil benchmark kamera DxoMark Huawei P30 Pro Wahyunanda Kusuma Pertiwi/KompasTeknoHasil benchmark kamera DxoMark Huawei P30 Pro
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Huawei P30 Pro yang baru saja dirilis tadi malam di Paris, mengedepankan sektor kamera sebagai nilai jual utama. Halaman situs benchmarking kamera DxOMark pun menobatkan Huawei P30 Pro sebagai kamera ponsel terbaik saat ini.

Kamera utama P30 Pro mencatat nilai keseluruhan sebesar 112 poin di DXO Mark. Angka itu sekaligus merupakan skor tertinggi DxOMark untuk kamera ponsel, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Huawei P20 Pro, yang mencatat 109 poin.

CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu pun berani seumbar di atas panggung peluncuran Huawei P30 Pro dan P30 di Paris, Perancis, Selasa kemarin. "Tiga besar smartphone berkamera terbaik menurut DxOMark ditempati oleh produk Huawei," katanya.

Baca juga: Huawei P30 Pro Resmi Meluncur dengan 4 Kamera dan "Zoom Periskop" 5X

Perlu ditambahkan bahwa ponsel lain dari Samsung, Galaxy S10 Plus, sebenarnya juga mencatat skor total sebesar 109 poin sehingga sebanding dengan Huawei Mate 20 Pro dan Huawei P20 Pro.

Jika dirinci, kamera utama Huawei P30 mendapat nilai 119 poin untuk foto dan 97 poin untuk video.

Skor tinggi ini diperoleh berkat zoom berkualitas tinggi yang dibenamkan pada Huawei P30 Pro. Selain itu, kamera Huawei P30 Pro juga memiliki kemampuan rendering efek bokeh yang tampil menawan.

Ringkasan hasil uji kamera utama Huawei P30 Pro oleh DxOMark.DxOMark Ringkasan hasil uji kamera utama Huawei P30 Pro oleh DxOMark.

"Kamera zoom-nya sendiri bisa membuat ponsel Huawei ini jadi pilihan menarik bagi para fotografer mobile. Tapi kameranya secara umum menunjukkan kinerja tinggi di hampir semua area lain," sebut DxO Mark.

Dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (27/3/2019), Huawei mengandalkan lensa periskop 125 mm (ekuivalen full-frame) dan sensor 3D ToF besutan Leica. Teknologi periskop inilah yang membantu Huawei P30 Pro mendapatkan nilai tinggi dari DxOMark.

Baca juga: Segera Bisa Dipesan di Indonesia, Ini Spesifikasi Huawei P30 dan P30 Pro

Huawei 30 Pro sendiri memiliki tiga kamera belakang yakni 8 megapiksel untuk telefoto dengan teknologi "zoom periskop" 5x dan Optical Image Stabilizer (OIS), 20 megapiksel ultra-wide, dan 40 megapiksel wide angle OIS.

Huawei juga membenamkan sensor temperatur warna dan laser yang berfungsi untuk mengukur jarak objek, yang disebut dengan teknologi Super Sensing.

Bokeh rendering Huawei P30 Pro juga dikatakan sebagai yang paling baik di kelasnya. Fitur super-resolution digunakan untuk menciptakan pembesaran 2x dan modul kamera 3D ToF digunakan untuk membuat latar belakang menjadi blur dengan lebih halus dan akurat.

Tak hanya itu, kamera utama 40 megapiksel milik Huawei P30 Pro juga memiliki kemampuan pengambilan gambar dalam kondisi low-light yang lebih baik. Kamera utama ini dapat meminimalisir noise saat kamera digunakan untuk memotret dalam kondisi minim cahaya.

Sementara untuk kamera depan, Huawei P30 Pro mendapat skor rata rata 89 poin. Jika dirinci, DxoMark memberi nilai 90 poin untuk kemampuan foto kamera depan dan 88 poin untuk kemampuan videonya.

Laporan hasil uji P30 Pro oleh DxOMark selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GSM Arena
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X