Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Play Store Siapkan Instal Aplikasi Android Tanpa Antre

Kompas.com - 20/04/2019, 08:18 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Android biasanya hanya bisa mengunduh dan menginstal satu aplikasi dalam satu waktu di toko aplikasi Play Store.

Sehingga, untuk menginstal aplikasi lain, pengguna diharuskan menunggu aplikasi yang tengah diunduh tadi, termasuk proses instalasi, selesai.

Keharusan antre instalasi aplikasi Android ini kemungkinan bakal diubah. Google dikabarkan tengah menguji coba pengunduhan serta pemasangan aplikasi secara paralel atau secara bersamaan.

Nantinya, ketika fitur ini jadi dirilis oleh Google, pengguna bakal bisa mengunduh atau  memperbarui aplikasi Android secara bersamaan di Play Store. Begini kira-kira ilustrasinya.

Ilustrasi pengunduhan aplikasi secara paralel di Play StoreAndroid Authority Ilustrasi pengunduhan aplikasi secara paralel di Play Store

Fitur ini sendiri disebut bakal digelontorkan pihak Google melalui pembaruan dari sisi server (server-side). Dengan kata lain, pengguna tidak perlu memperbarui aplikasi Play Store untuk dapat menikmati fitur ini.

Meski begitu, belum bisa dipastikan kapan fitur ini bakal hadir di toko aplikasi smartphone Android tersebut.

Belum jelas juga apakah Google membatasi jumlah aplikasi yang bisa diunduh lewat Play Store secara bersamaan ini atau tidak.

Baca juga: 13 Game Balap di Play Store Ini Terinfeksi Malware

Ada pula pembaruan antarmuka fitur Play Protect, fitur untuk mengantisipasi malware dengan memindai aplikasi sebelum dipasang, serta kemudahan pencarian serial TV berdasarkan channel atau jaringan TV, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Sabtu (20/4/2019).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com