Play Store Siapkan Instal Aplikasi Android Tanpa Antre

Kompas.com - 20/04/2019, 08:18 WIB
Ilustrasi aplikasi Play Store Android AuthorityIlustrasi aplikasi Play Store
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pengguna Android biasanya hanya bisa mengunduh dan menginstal satu aplikasi dalam satu waktu di toko aplikasi Play Store.

Sehingga, untuk menginstal aplikasi lain, pengguna diharuskan menunggu aplikasi yang tengah diunduh tadi, termasuk proses instalasi, selesai.

Keharusan antre instalasi aplikasi Android ini kemungkinan bakal diubah. Google dikabarkan tengah menguji coba pengunduhan serta pemasangan aplikasi secara paralel atau secara bersamaan.

Nantinya, ketika fitur ini jadi dirilis oleh Google, pengguna bakal bisa mengunduh atau  memperbarui aplikasi Android secara bersamaan di Play Store. Begini kira-kira ilustrasinya.

Ilustrasi pengunduhan aplikasi secara paralel di Play StoreAndroid Authority Ilustrasi pengunduhan aplikasi secara paralel di Play Store

Fitur ini sendiri disebut bakal digelontorkan pihak Google melalui pembaruan dari sisi server (server-side). Dengan kata lain, pengguna tidak perlu memperbarui aplikasi Play Store untuk dapat menikmati fitur ini.

Meski begitu, belum bisa dipastikan kapan fitur ini bakal hadir di toko aplikasi smartphone Android tersebut.

Belum jelas juga apakah Google membatasi jumlah aplikasi yang bisa diunduh lewat Play Store secara bersamaan ini atau tidak.

Baca juga: 13 Game Balap di Play Store Ini Terinfeksi Malware

Ada pula pembaruan antarmuka fitur Play Protect, fitur untuk mengantisipasi malware dengan memindai aplikasi sebelum dipasang, serta kemudahan pencarian serial TV berdasarkan channel atau jaringan TV, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari AndroidAuthority, Sabtu (20/4/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X