Mode Malam di Kamera Galaxy S10 Sudah Bisa Di-download

Kompas.com - 22/04/2019, 21:32 WIB
Galaxy S10Andreas Lukas/Kompas.com Galaxy S10

KOMPAS.com - Samsung mulai merilis fitur mode malam untuk kamera Galaxy S10. Fitur ini berguna untuk menangkap gambar dengan lebih terang, meski dalam kondisi gelap atau minim cahaya.

Fitur ini sejatinya bukanlah hal baru. Sudah banyak ponsel lain yang memiliki mode malam untuk memaksimalkan pengambilan foto dalam kondisi minim cahaya. Sebelumnya, Samsung memiliki fitur "bright night" untuk kebutuhan yang sama.

Hanya saja, bright night hanya dapat ditemukan pada menu "Scene Optimizer", dan pengguna tidak dapat menentukan secara leluasa, apakah akan mengaktifkan fitur tersebut atau tidak.

Pada mode bright night, ponsel akan mendeteksi secara otomatis kondisi cahaya ketika pengguna akan mengambil gambar. Jika kondisi di sekitar ternyata sangat minim cahaya, maka bright night akan aktif secara otomatis.

Baca juga: Unboxing Galaxy S10 Plus, Ponsel Termahal Samsung

Namun inilah yang jadi kekurangan. Pengguna tidak bisa menentukan secara leluasa apakah bright night akan digunakan atau tidak. Semua bergantung pada AI ponsel yang melihat kondisi cahaya di sekitar.

Oleh karena itu, Samsung memisahkan bright night dan membuatnya menjadi "night mode" secara terpisah dari fitur Scene Optimizer. Sehingga, pengguna dapat memutuskan apakah mereka akan mengaktifkan mode tersebut atau tidak.

Dikutip KompasTekno dari SamMobile, Senin (22/4/2019), pembaruan ini hadir untuk seluruh lini Galaxy S10 yakni Galaxy S10e, Galaxy S10 reguler, dan Galaxy S10 Plus. Pembaruan tersebut bisa di-download lewat menu software update yang ada pada pengaturan ponsel.

Tentu saja, pengguna harus menyiapkan kuota data guna mengunduh pembaruan ini. Update fitur ini memiliki ukuran file sebesar 205.18 MB.

Ke depannya, fitur night mode akan berdiri sebagai salah satu mode pengambilan gambar, berdampingan dengan mode "Pro" dan "Video".

Baca juga: Cerita Tony Goh, Pembeli Pertama Samsung Galaxy S10 di Indonesia

Sebelumnya, "mode malam" dipopulerkan oleh Huawei lewat ponsel P20 Pro yang diluncurkan tahun lalu. Mode khusus ini memungkinkan kamera menangkap foto yang tampak terang dan jelas di malam hari.

Pabrikan ponsel lain pun segera menghadirkan fitur serupa mode malam Huawei di produk masing-masing. Misalnya, Google dengan Night Sight di Pixel 3. Oppo pun tak ketinggalan menerapkan Night Shot di ponselnya.

 




Close Ads X