PNS di Perancis Tak Boleh Pakai WhatsApp, Dibikinkan Aplikasi Lokal

Kompas.com - 23/04/2019, 16:22 WIB
IlustrasiMashable Ilustrasi

KOMPAS.com - Pemerintah Perancis pekan lalu mengumumkan Tchap, sebuah aplikasi pesan instan bikinan dalam negeri, yang dibuat sebagai pengganti WhatsApp dan Telegram.

Tak semua kalangan bisa memakai Tchap, hanya pegawai pemerintah Perancis saja yang dapat melakukan sign-up untuk membuat akun.

Tchap memang dimaksudkan supaya komunikasi antar pegawai dan instansi pemerintah (PNS) Perancis, tidak disimpan di server luar negeri -seperti halnya pada WhatsApp dan Telegram- sehingga rentan diintip pihak asing.

Server Tchap berlokasi di dalam negeri Perancis. Percakapan antar penggunanya turut dilindungi oleh enkripsi.

Baca juga: WhatsApp dan Instagram Sudah Tiga Kali Tumbang Berbarengan Tahun Ini

Ilustrasi aplikasi TchapTchap Ilustrasi aplikasi Tchap
Ironisnya, di hari yang sama dengan rilisnya tanggal 18 April lalu, sebuah bug keaamanan ditemukan di Tchap. Bug ini memungkinkan orang di luar kalangan pemerintah membuat akun dan menggunakan Tchap.

Untunglah, pihak pengembang Tchap langsung menambal bug dimaksud, juga di hari yang sama dengan penemuannya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Senin (22/4/2019).

Baca juga: Cara Membatasi WhatsApp supaya Kita Tak Tiba-tiba Dimasukkan ke Grup

Nama "Tchap" sendiri diambil dari ilmuwan, Claude Chappe, penemu sistem telegraf optis yang diterapkan di seluruh Perancis antara tahun 1792 hingga 1850, sebelum digantikan sistem telegraf listrik.

Aplikasi Tchap kini sudah tersedia di toko aplikasi Android, Google Play Store dan Apple App Store untuk iOS. Dashboard untuk mengakses Tchap dari peramban web sedang disiapkan.

Pemerintah Perancis membuka source code Tchap di repositori GitHub, sehingga pihak lain bisa membuat aplikasi serupa untuk keperluan internal.

Baca juga: Menkominfo Imbau ASN Tak Pakai E-mail Gmail dan Yahoo, Ini Alasannya

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X