Facebook Messenger Disiapkan Banjir Fitur Baru

Kompas.com - 05/05/2019, 08:27 WIB
Aplikasi Facebook Messenger.Istimewa Aplikasi Facebook Messenger.

KOMPAS.com - Dalam gelaran F8 yang dihelat beberapa waktu lalu, Facebook memberi sejumlah pengumuman. Salah satunya adalah pengembangan platform pesan instan Messenger yang bakal diperbarui dengan banyak fitur tambahan.

Head of Consumer Product, Asha Sharma mengatakan bahwa Facebook Messenger nantinya akan terintegrasi dengan WhatsApp dan Instagram sehingga pengguna bisa berkomunikasi dengan lintas platform.

Sebagai ilustrasi, nantinya pengguna Messenger akan dapat mengirim pesan ke WhatsApp dan Instagram, begitu juga sebaliknya.

"Kami percaya orang-orang harus dapat berbicara dengan siapapun dan di manapun," kata Asha.

Selain integrasi dengan WhatsApp dan Instagram, Facebook Messenger juga nantinya akan dimodifikasi agar menjadi lebih ringan dan lebih cepat. Facebook tengah mengatur arsitektur aplikasi Messenger agar bisa bekerja lebih optimal.

Facebook menyebut kemampuan baru Messenger ini sebagai "Lightspeed" karena nantinya pengguna hanya membutuhkan waktu kurang dari dua detik untuk membuka aplikasi Messenger yang terpasang di dalam ponselnya.

Selain itu, ukurannya juga diklaim akan kurang dari 30 MB.

Baca juga: Drama di Balik Hengkangnya Dua Pendiri Instagram dari Facebook

Sektor keamanan komunikasi juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan dalam memperbarui Facebook Messenger.

Facebook menerapkan sistem enkripsi end-to-end serupa dengan yang dapat ditemukan pada WhatsApp. Dengan sistem enkripsi ini, obrolan dalam Messenger diklaim akan lebih aman dari penyadap.

Fitur baru lainnya yang akan dimiliki Messenger adalah "Watch Party". Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video dari Facebook ke Messenger dan menontonnya bersamaan dengan pengguna lain secara real time.

Menurut Facebook, Watch Party saat ini sedang dalam tahap uji coba dan akan dirilis setidaknya pada akhir tahun 2019 ini.

Baca juga: Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Perlu Menyimpan Nomor Kontak

Dikutip KompasTekno dari Digit.in, Minggu (5/5/2019), pada akhir tahun 2019 mendatang Facebook juga bakal merilis Messenger versi desktop. Pengguna nantinya akan dapat mengunduh aplikasi Messenger pada komputer berbasis Windows maupun MacOS.

Selanjutnya, Messenger juga akan memiliki sebuah ruang khusus di mana pengguna dapat menemukan Stories, pesan, gambar, hingga video dari teman-teman terdekat pengguna.

Fitur ini serupa dengan fitur "close friend" milik Instagram yang dapat memisahkan antara teman-teman biasa dan teman-teman paling dekat dengan pengguna.

Fitur terakhir, Facebook akan menambahkan beberapa template baru untuk bagi pengguna yang beriklan di Facebook.

Nantinya, Messenger akan dapat dijadikan sebagai platform untuk wadah tanya jawab bagi konsumen yang ingin mengetahui lebih banyak tentang produk yang diiklankan oleh pengguna.


Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X