Kompas.com - 06/05/2019, 13:49 WIB

KOMPAS.com - Memeriahkan Ramadhan, Instagram merilis filter dan GIF baru bertema bulan suci untuk umat Muslim tersebut.

Ini merupakan pertama kalinya Instagram meluncurkan filter bertema Ramadhan yang bisa digunakan semua penggunanya di seluruh dunia.

Pengguna Instagram bisa menggunakan filter bernama "Lantern" tersebut mulai 5 Mei hingga 5 Juni 2019. Caranya, buka kamera Instagram Stories. Kemudian, klik ikon filter wajah yang ada di pojok kanan bawah. Kemudian pilih filter "Lantern".

Tahan tombol kamera untuk merekam video atau ketuk sekali untuk mengambil foto. Pengguna bisa meengganti desain yang tersedia dengan mengetuk bagian tengah layar.

Baca juga: Begini Cara Pakai Stiker Kuis di Instagram Stories

Tidak hanya itu, khusus bagi pengguna Instagram di Indonesia, ada pula GIF edisi khusus Ramadhan, hasil kolaborasi dengan lima kreator Indonesia yakni thepopo, byputy, Dinda Puspitasari, Irfan Nugroho alias bulletos, dan Haikal.

GIF edisi khusus ini bisa ditemukan dengan mengetik "Ramadhan Instagram" di kolom pencarian GIF.

Nantinya akan muncul beberapa GIF berisi kata-kata khas Ramadhan seperti "Buka", "Sahur" hingga kata-kata edisi lebaran seperti "Eid Mubarak" dan "Mohon Maaf Lahir dan Batin".

GIF Instagram Stories edisi RamadhanInstagram GIF Instagram Stories edisi Ramadhan

"Kami melihat penggunaan hashtag #ramadhan dan #bukber melonjak tinggi di Indonesia tahun lalu," ujar Putri Silalahi, Communications Manager, Instagram Asia-Pacific dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Senin (6/5/2019).

"Maka kami ingin membuat interaksi tersebut menjadi lebih mudah dan menyenangkan lagi di tahun ini lewat filter dan GIF khusus di Instagram Stories," imbuhnya.

Dari rekaman data per Januari - Juni 2018, Instagram mengklaim adanya lonjakan volume Instagram Stories pada bulan Ramadhan di tanah air.

Baca juga: Instagram Stories Bakal Bisa "Posting" Tulisan Tanpa Foto Atau Video

Instagram merekam 28% peningkatan volume penggunaan Instagram Stories di bulan Ramadhan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Peingkatan juga terjadi untuk beberapa tagar populer terkait Ramadhan dan lebaran. Lima tagar tertas yang paling banyak dicari pengguna Instagram Indonesia adalah #bukber, #bajukoko, #gamissyari, #bajulebaran, dan #ramadhan.

Apakah filter dan GIF edisi Ramadhan Instagram menarik dicoba? Cek dulu di Instagram Kompas.tekno berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.