Chip iPhone Akan Dirakit di Indonesia

Kompas.com - 29/05/2019, 10:51 WIB
iPhone XS. IstimewaiPhone XS.

KOMPAS.com - Pabrikan semi konduktor asal Taiwan, Pegatron, menandatangani surat perjanjian bisnis (letter of intent) dengan pemerintah Indonesia.

Perjanjian tersebut menyatakan niat Pegatron menanam investasi senilai Rp 10-15 triliun di Indonesia untuk memproduksi chip iPhone.

Wakil Menteri Perdagangan, Ignatius Warsito mengatakan, perakitan chip ini akan bekerja sama dengan salah satu pabrik elektronik terbesar di Indonesia, yakni PT Sat Nusapersada yang berlokasi di Batam.

Baca juga: Kisah Ellyana, Pekerja di Pabrik Xiaomi Batam

Ignatius menyebut pabrikan itu akan fokus pada perakitan chip untuk smartphone, sementara material komponen mentahnya tetap diimpor. Ia juga mengatakan komponen untuk  perangkat Apple lain, yakni laptop MacBook, kemungkinan juga akan diproduksi.

"Pabrik (Sat Nusapersada) kemungkinan juga digunakan untuk memproduksi komponen MacBook, tapi itu tidak dalam waktu dekat," jelas Ignatius, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Reuters, Rabu (29/5/2019).

KompasTekno sempat menghubungi Sat Nusapersada, namun belum mendapatkan respon hingga berita ini ditulis.

Baca juga: Imbas Perang Dagang, Pabrikan Chip Eksodus dari China

Pegatron sendiri sekarang tengah bersiap memproduksi perangkat home appliance di kompleks Batamindo Industrial Park. Sebelumnya, Pegatron diketahui tidak membuat chip untuk smartphone.

Ketegangan perang dagang antara Amerika Serikat dengan China disinyalir menjadi salah satu faktor yang mendorong Pegatron untuk memindahkan sebagian produksinya dari Negeri Tirai Bambu ke Indonesia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Mac Rumors
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X