Google Rayakan Hari WiFi Sedunia

Kompas.com - 21/06/2019, 10:12 WIB
Logo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat. Yudha Pratomo/KompasTeknoLogo Google pada bagian depan kantor Google di kawasan Mountain View, California, Amerika Serikat.
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Kamis (20/6/2019) kemarin merupakan hari WiFi sedunia yang diinisiasi oleh Wireless Broadband Alliance.

Tujuannya mendorong peranan jaringan nirkabel itu dalam menghubungkan berbagai komunitas di berbagai belahan dunia, baik di perkotaan maupun desa-desa, ke jaringan internet lewat proyek penyediaan akses WiFi.

Salah satu pihak yang berupaya menjembatani kesenjangan digital lewat WiFi ini adalah Google yang sejak beberapa tahun lalu telah mulai menggelar WiFi Hotspot publik Google Station di sejumlah lokasi di Indonesia. Google Station bisa dipakai secara gratis oleh pengguna.

Baca juga: Google Station Bakal Sebar Internet WiFi Gratis di Indonesia

"Kami menghadirkan Google Station, yang memudahkan mitra kami memasang, menjaga dan memonetisasi jaringan Wifi yang bebas digunakan," tulis Cynthia Kim, Head of Engineering Google Station melalui keterangan resminya kepada KompasTekno, Jumat (21/6/2019)

Di Indonesia, Google bermitra dengan penyedia akses internet CBN dan FiberStar untuk menggelar Google Station.

Google bertindak sebagai pengelola kualitas koneksi WiFi tersebut menggunakan berbagai software buatannya. Sedangkan CBN dan FiberStar berperan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

Layanan WiFi hotspot tersebut juga hadir di sejumlah negara di Benua Asia, Afrika, dan Amerika.

"Secara global, Google Station sudah melayani lebih dari 10 juta orang di 1.300 lokasi melintasi India, Indonesia, Meksiko, Nigeria, Filipina, Thailand, Vietnam dan baru-baru ini di Brazil," lanjut Kim.

Baca juga: Tips Aman Internetan dengan WiFi Publik

Untuk merayakan Hari WiFi Sedunia, Google membuat video yang mengisahkan bagaimana WiFi membantu seorang mahasiswa asal Bandung yang ingin belajar programming dengan menonton video tutorial di internet.

Akbar yang memiliki keterbatasan finansial, kesulitan berlangganan internet bulanan untuk menunjang tugas kuliah dan keinginannya belajar programming. Namun, hambatan ini bisa diatasi dengan terhubung ke Google Station di kampusnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X