Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rawan Terbakar, Apple Tarik Peredaran MacBook Pro 2015

Kompas.com - 24/06/2019, 10:31 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Apple mengumumkan akan menarik baterai MacBook Pro 15 inci Retina Display keluaran tahun 2015, karena rawan terbakar. Tidak semua model tersebut rawan terbakar.

Apple menyebut ada sejumlah unit terdampak yang dijual antara bulan September 2015 dan Februari 2017. Pengguna MacBook Pro bisa mengecek apakah laptop miliknya termasuk unit yang terdampak atau tidak, melalui situs resmi Apple di tautan berikut ini.

Pengguna cukup memasukkan nomor serial perangkat di dalam kotak pencarian untuk melakukan pengecekan. Jika laptop yang dimiliki masuk daftar rawan, Apple berjanji akan mengganti baterai secara gratis.

Baca juga: 10 Tips untuk Mencegah Ponsel Terbakar dan Meledak

Akan tetapi perbaikan hanya bisa dilakukan di pusat layanan servis Apple saja. Apple memperkirakan proses perbaikan akan memakan waktu kurang lebih satu minggu.

Dirangkukm KompasTekno dari The Verge, Senin (24/6/2019), penarikan tidak berlaku untuk semua model MacBook Pro.

Apple masih enggan memberi komentar apa penyebab baterai yang sering bermasalah ini. Apakah usia penggunaan baterai yang sudah lama atau ada faktor lain.

Sejak tahun 2016, Apple memang memiiki reputasi yang kurang baik untuk MacBook Pro yang yang baru.

Sebelumnya, Apple juga sempat membuat program penarikan baterai untuk model MacBook Pro 13 inci non-touch bar bulan April lalu.

Apple disebut akan meluncurkan MacBook Pro 16 inci terbaru tahun ini. Semoga saja, sektor baterai akan lebih diperhatikan agar tidak ada lagi program penarikan semacam ini.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com