Rawan Terbakar, Apple Tarik Peredaran MacBook Pro 2015

Kompas.com - 24/06/2019, 10:31 WIB
MacBook Pro baru dilengkapi Touch Bar AppleMacBook Pro baru dilengkapi Touch Bar

KOMPAS.com - Apple mengumumkan akan menarik baterai MacBook Pro 15 inci Retina Display keluaran tahun 2015, karena rawan terbakar. Tidak semua model tersebut rawan terbakar.

Apple menyebut ada sejumlah unit terdampak yang dijual antara bulan September 2015 dan Februari 2017. Pengguna MacBook Pro bisa mengecek apakah laptop miliknya termasuk unit yang terdampak atau tidak, melalui situs resmi Apple di tautan berikut ini.

Pengguna cukup memasukkan nomor serial perangkat di dalam kotak pencarian untuk melakukan pengecekan. Jika laptop yang dimiliki masuk daftar rawan, Apple berjanji akan mengganti baterai secara gratis.

Baca juga: 10 Tips untuk Mencegah Ponsel Terbakar dan Meledak

Akan tetapi perbaikan hanya bisa dilakukan di pusat layanan servis Apple saja. Apple memperkirakan proses perbaikan akan memakan waktu kurang lebih satu minggu.

Dirangkukm KompasTekno dari The Verge, Senin (24/6/2019), penarikan tidak berlaku untuk semua model MacBook Pro.

Apple masih enggan memberi komentar apa penyebab baterai yang sering bermasalah ini. Apakah usia penggunaan baterai yang sudah lama atau ada faktor lain.

Sejak tahun 2016, Apple memang memiiki reputasi yang kurang baik untuk MacBook Pro yang yang baru.

Sebelumnya, Apple juga sempat membuat program penarikan baterai untuk model MacBook Pro 13 inci non-touch bar bulan April lalu.

Apple disebut akan meluncurkan MacBook Pro 16 inci terbaru tahun ini. Semoga saja, sektor baterai akan lebih diperhatikan agar tidak ada lagi program penarikan semacam ini.

 

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X