Emoji Dua Telapak Tangan Menempel, Berdoa atau "Tos High Five"?

Kompas.com - 03/07/2019, 15:18 WIB
Ilustrasi emoji memaafkan atau berdoa GawkerIlustrasi emoji memaafkan atau berdoa

KOMPAS.com - Belakangan ini, dunia maya tengah dihebohkan dengan perdebatan satu buah emoji, yaitu emoji dengan bentuk dua telapak tangan yang menempel.

Ada beberapa warganet menganggap bahwa selama ini mereka salah kaprah ternyata emoji tersebut adalah emoji untuk mengekspresikan dua orang sedang melakukan selebrasi atau high-five yang orang Indonesia biasa menyebutnya "tos".

Namun, di satu sisi, warganet lain tetap dengan pendirian mereka, bahwa emoji tersebut memang untuk mengekspresikan permohonan maaf atau gestur tangan saat berdoa.

Lantas, mana yang benar?

Jika dilihat dengan teliti, ketika dua orang melakukan "tos" dengan tangan yang sama (tangan kanan dengan tangan kanan), maka jempol mereka akan berada di sisi yang tidak sejajar. Sementara di emoji tersebut, jempol tampak menempel sejajar.

Baca juga: Instagram Sediakan Tombol Cepat Emoji untuk Komentar Stories

Lebih lanjut, berdasarkan penjelasan yang tercantum di situs database emoji, Emojipedia, gambar dua telapak tangan yang menempel ini secara umum memiliki arti "please" atau "thank you".

Ilustrasi emoji yang menggambarkan orang sedang berdoaEmojipedia Ilustrasi emoji yang menggambarkan orang sedang berdoa

Emojipedia juga menambahkan bahwa emoji ini biasanya digunakan untuk ekspresi berdoa.

Hal ini juga bisa diketahui dari representasi emoji yang didesain oleh beberapa vendor smartphone yang telah disetujui pula oleh Unicode.

Sebagian besar perusahaan smartphone tampak merepresentasikan emoji tersebut dengan orang yang sedang berdoa.

HTC dan Docomo misalnya, mendesain emoji dua telapak tangan menempel tersebut, lengkap dengan orangnya yang tampak jelas sedang memanjatkan doa.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X