Taksi Blue Bird Bakal Dilengkapi Koneksi 4G LTE Telkomsel

Kompas.com - 26/08/2019, 16:05 WIB
Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini (kanan), dan Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo (kiri). Dok. TelkomselDirektur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini (kanan), dan Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo (kiri).

KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel bekerja sama dengan Blue Bird mengintegrasikan layanan Internet of Things (IoT) pada armada taksi Blue Bird.

Kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Senin (26/8/2019) di Jakarta.

Solusi IoT yang akan diadopsi Blue Bird adalah pengganti Fleety, yakni perangkat penghitung argo, serta penerima pesanan. Jika selama ini perangkat itu berbasis jaringan 2G, kini solusi IoT yang ditawarkan Telkomsel sudah mendukung 4G LTE.

Solusi IoT itu juga dilengkapi dengan fitur seperti argo meter untuk taksi dan pengiriman order penumpang. Selain itu masih ada pelacakan posisi (GPS), komunikasi dengan penumpang dan operator pusat, termasuk pembayaran.

Baca juga: Dukung Ibu Kota Baru di Kalimantan, Ini Kesiapan Telkomsel

Perangkat ini juga terhubung langsung dengan kendaraan, sehingga mampu membaca data-data vital dari kondisi kendaraan dan mengirimkannya langsung ke sistem aplikasi Blue Bird.

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Senin (26/8/2019), ekosistem IoT di armada Blue Bird ditargetkan diimplementasi pada 10.000 unit taksi, hingga 31 Desember 2019.

Secara keseluruhan potensi armada Blue Bird yang mengimplementasikan layanan IoT Control Center Telkomsel mencapai 25.000 taksi, di mana target tersebut akan dicapai pada Kuartal II tahun 2020.

Baca juga: Apa Bentuk Kerja Sama Antara Blue Bird dan Go-Jek?

Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini mengatakan, "Implementasi IoT Telkomsel ke dalam ekosistem digital Blue Bird merupakan perwujudan komitmen Telkomsel dalam mendukung visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah."

Sementara Direktur Utama PT Blue Bird Tbk, Noni Purnomo berharap IoT yang didukung oleh Telkomsel dapat menjadi solusi yang membantu Blue Bird mengakselerasikan produktivitas dan kinerja, sehingga mampu memberikan nilai tambah dalam melayani pelanggan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X