Dukung Ibu Kota Baru di Kalimantan, Ini Kesiapan Telkomsel

Kompas.com - 25/08/2019, 08:29 WIB
Ilustrasi BTS Telkomsel IstimewaIlustrasi BTS Telkomsel

KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk memindahkan ibu kota Indonesia ke pulau Kalimantan. 

Terkait rencana tersebut, operator seluler Telkomsel mengatakan telah siap untuk mendukung layanan telekomunikasi di Ibu Kota baru ini.

“Kami siap mengawal pemerintah menjadikan Pulau Kalimantan sebagai lokasi ibu kota baru Indonesia di manapun nantinya," kata Direktur Utama Telkomsel, Emma Sri Martini dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Minggu (25/8/2019).

"Berbekal infrastruktur jaringan terdepan yang tersebar di seluruh pulau, Telkomsel akan terus melanjutkan pembangunan teknologi digital di Kalimantan sehingga siap mengadopsi ekosistem teknologi digital yang lengkap dan berkelanjutan," imbuhnya.

Baca juga: Telkomsel Siapkan 52 BTS 4G Dukung Sail Nias 2019

Ilustrasi kesiapan jaringan Telkomsel di pulau KalimantanIstimewa Ilustrasi kesiapan jaringan Telkomsel di pulau Kalimantan

Di wilayah Kalimantan, jaringan Telkomsel diklaim telah menyelimuti 90 persen pulau ini dengan jumlah BTS lebih dari 17.800, di mana sekitar 11.700 di antaranya merupakan BTS broadband (3G/4G). 

Telkomsel juga telah menerapkan teknologi broadband terbaru, yaitu 4,9G Massive MIMO, melalui 4 unit BTS nya yang tersebar di Banjarmasin (Kalimantan Selatan), Balikpapan ( Kalimantan Timur), dan Tarakan (Kalimantan Utara).

Adapun teknologi 4,9G Massive Mimo akan memberikan kapasitas jaringan yang lebih besar dan memberikan kualitas layanan yang lebih baik.

Telkomsel juga telah siap melayani kebutuhan pelanggan dengan 62 gerai GraPARI yang tersebar di seluruh wilayah Kalimantan.

Selain di pulau Kalimantan, jaringan telekomunikasi Telkomsel juga telah hadir di daerah perbatasan Pulau Kalimantan, yaitu di Pulau Sebatik dan Nunukan.

Di Nunukan, Telkomsel telah menggelar 187 unit BTS, dimana 127 unit diantaranya adalah BTS broadband. Sedangkan di Pulau Sebatik, Telkomsel telah menggelar 78 unit BTS, dimana 59 unit diantaranya adalah BTS broadband.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X