Toko Aplikasi Xiaomi Mi Apps Store Ganti Nama Jadi GetApps

Kompas.com - 04/09/2019, 18:03 WIB
Ivonne Li, Head of GetApps Xiaomi, saat menjelaskan tampilan baru toko aplikasi tersebut dalam acara di Jakarta, Rabu (4/9/2019). KOMPAS.com/ WAHYUNANDA KUSUMA PERTIWIIvonne Li, Head of GetApps Xiaomi, saat menjelaskan tampilan baru toko aplikasi tersebut dalam acara di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Toko aplikasi Xiaomi, Mi Apps Store, kini berganti nama menjadi GetApps. Fungsinya masih sama sebagai toko aplikasi, di mana para pengembang bisa memajang aplikasi mereka dan pengguna bisa mengunduhnya.

Namun secara tampilan, GetApps mengusung beberapa perubahan. Head of GetApps Xiaomi, Ivonne Li, mengatakan ukuran ikon di GetApps lebih besar dibanding Mi Apps Store.

Informasi dan tombol-tombol juga dibuat lebih jelas. Warna GetApps juga berbeda dengan Mi Apps Store namun tidak menunggalkan nuansa jingga khas Xiaomi.

"Singkatnya, user interface kami lebih simpel, mulus, dan powerful," ujar Ivonne dalam Konferensi Pengnembang Xiaomi (MIDC) di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: IDC: Realme Masuk Lima Besar di Indonesia karena Xiaomi

Menurut Xiaomi, perubahan nama ini akan bergulir secara bertahap dan tidak menutup kemungkinan perangkat yang sudah diluncurkan telah mendapat perubahan. Untuk versi MIUI secara spesifik, Xiaomi masih belum memberikan konfirmasi.

Dengan GetApps, Xiaomi berharap akan lebih banyak developer yang tertarik mengembangkan aplikasi dan memajangnya di GetApps, terutama para pengembang lokal.
Salah satunya melalui Seagull Project.

"Kami menyiapkan total investasi senilai Rp 200 miliar untuk para pengembang lokal dan startup," ujar Ivonne.

Kerjasama dengan developer lokal

Para developer lokal berpeluang mendapatkan reward, mempromosikan aplikasi di GetApps mereka secara gratis, memajang aplikasi mereka di laman awal, memberikan review aplikasi, dan masih banyak lagi.

Beberapa pengembang aplikasi lokal telah bekerja sama dengan Xiaomi dengan memanfaatkan GetApps, salah satunya adalah aplikasi komik dalam negeri, Caiyo yang mengaku mengalami lonjakan unduhan aplikasi hingga 100 persen setelah berkolaborasi dengan Xiaomi.

Baca juga: Xiaomi Bakal Punya Layanan Pinjam Uang di India

Ivonne mengatakan beberapa startup lokal yakni Grab, Go-Jek, dan Tokopedia akan melakukan kerja sama dengan Xiaomi lewat beberapa skema, salah satunya lewat mekanisme aplikasi pre-installed di ponsel.

Sejak diluncurkan secara global tahun 2017, GetApps yang lahir dengan Mi Apps Store diklaim telah mendistribusikan 220 miliar aplikasi hingga April 2019.

Di Indonesia, GetApps memiliki 1,7 juta pengguna aktif harian per Juli 2019. Jumlah ini naik 170 persen dibanding tahun lalu.

Kini, GetApps telah beredar di lima negara dengan total pengguna 150 juta pengguna aktif. Kelima negara tersebut adalah China, India, Indonesia, Rusia, dan Spanyol.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X