Xiaomi Tak Sengaja Gulirkan Pembaruan MIUI 11, Begini Tampilannya

Kompas.com - 12/09/2019, 08:38 WIB
Software antarmuka MIUI 11. XiaomiSoftware antarmuka MIUI 11.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal China, Xiaomi, dilaporkan tak sengaja menggulirkan pembaruan antarmuka MIUI 11 ke beberapa penggunanya.

Adapun ponsel-ponsel yang terpantau sudah mendapatkan pembaruan MIUI 11 adalah Redmi K20 Pro, Mi Mix 2S, dan Mi 6. Pembaruan MIUI 11 ini sempat bisa diunduh di situs Xiaomi. Namun, halaman unduhan tersebut agaknya sudah dihapus.

Nah, berdasarkan hasil temuan XDADevelopers, MIUI 11 memiliki desain antarmuka yang serba minimalis dengan ukuran teks yang terlihat cukup besar.Tampilan ikon di dalam antarmuka MIUI 11 juga lebih berwarna namun belum selaras bentuk maupun ukurannya.

Baca juga: Ini Fitur Baru yang Akan Hadir di Update Xiaomi MIUI 11

Selain tampilan, ada pula fitur yang memungkinkan ponsel Xiaomi berbagi file dan dokumen secara wireless dengan ponsel Vivo dan Oppo.

Fitur lainnya mencakup pengaturan Always on Display yang lebih berwarna, desain aplikasi file manager yang baru, dan dark mode scheduler, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari XDADevelopers, Kamis (12/9/2019).

Kendati sudah bisa diprediksi tampilannya seperti apa, versi MIUI 11 yang tak sengaja dibocorkan ini adalah MIUI 11 9.9.9 versi pre-release. Artinya, fitur dan desain bisa saja berubah pada saat MIUI 11 versi akhir sudah dirilis.

Tampilan MIUI 11 versi pre-releaseXDA Developers Tampilan MIUI 11 versi pre-release

Pihak Xiaomi sendiri sempat mengonfirmasi bahwa MIUI 11 bakal membawa sejumlah pembaruan dari MIUI 10.

Salah satu perubahan besar yang akan ditemui dalam MIUI 11 adalah sistem ikon baru yang telah didesain ulang dari awal. Ikon-ikon itu akan memiliki ciri yang sama dan akan lebih segar daripada MIUI 10.

Ada pula fitur lain yang hadir pada MIUI 11. Fitur tersebut adalah mode power saving atau penghemat daya. Mode ini akan mematikan semua fungsi sistem dalam ponsel, kecuali telepon dan SMS.

Baca juga: Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 11

Saat dalam mode ini, semua warna akan dimatikan dan antarmuka smartphone Xiaomi akan berubah menjadi monokrom (hitam-putih), untuk menghemat daya.

MIUI 11 tidak akan tersedia bagi perangkat-perangkat Xiaomi lawas, seperti Mi 5 dan Redmi Note 3, karena Xiaomi telah menghentikan dukungannya sejak MIUI 10.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X