Twitter Dikeluhkan Lambat Diakses, Berkaitan dengan Demo Mahasiswa Hari Ini?

Kompas.com - 24/09/2019, 13:04 WIB
Ilustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter BloombergIlustrasi Aplikasi Twitter di ponsel di depan logo Twitter

KOMPAS.com - Selasa (24/9/2019) siang, berbarengan dengan demo mahasiswa di gedung DPR/MPRI RI, warganet mengeluhkan pelambatan saat mengakses situs Twitter via desktop.

Beberapa di antaranya mengaku akses ke Twitter tersendat atau tidak bisa login, namun lancar saat mengakses situs lain.

Dari pantauan KompasTekno, keluhan ini mulai ramai sekitar pukul 09.00 WIB, terutama dari pelanggan ISP Indihome milik Telkom yang mengeluhkan hal ini, meski beberapa lainnya menyebut provider internet lain.

Lambatnya Twitter yang diakses melalui desktop ini berbarengan dengan demo mahasiswa yang sedang berlangsung di gedung DPR/MPR RI di Senayan, Jakarta.

Baca juga: Pemerintah Umumkan Pembatasan Akses Internet di Wamena

Beberapa pengguna mengaku akses Twitter via desktop baru bisa lancar dengan bantuan VPN. Warganet menduga lambannya akses ke Twitter ini merupakan dampak dari pelambanan (throttling) yang dilakukan pemerintah, juga maraknya demo mahasiswa di DPR/MPR RI.

Kekahwatiran ini muncul setelah pada Senin (23/9/2019), pemerintah mengumumkan pembatasan akses data untuk Kota Wamena, Papua, terkait kericuhan yang terjadi di sana. Mereka khawatir pembatasan akses data meluas ke daerah lain di Indonesia, termasuk Jakarta.

Baca juga: Telkomsel dan Indosat Batasi Akses Internet di Wamena

Namun salah satu digital kurator, Wicaksono mengicaukan bahwa tidak ada pelambanan internet di wilayah luar Wamena. Melalui akun pribadinya, @ndorokakung, ia mengaku mendapatkan informasi ini dari salah satu sumber di Kominfo.

KompasTekno tengah mencoba mengonfirmasi langsung ke Kominfo saat ini.

Update, Selasa pukul 16.30 WIB: Pemerintah, melalui Plt. Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu, menyatakan, "tidak melakukan tindakan apapun terhadap Twitter dalam hari-hari ini".

Hingga berita ini ditulis, belum diketahui pasti penyebab lambannya akses Twitter via desktop.

Selain Kominfo, KompasTekno telah menghubungi pihak terkait lainnya, yakni Telkom dan pihak Twitter Indonesia. Belum ada tanggapan dari kedua pihak tersebut.

Update, Selasa pukul 22.30 WIB, "Kami telah menyelidiki masalah akses ke Twitter yang dialami pengguna di Indonesia hari ini. Kami dapat mengkonfirmasi, bahwa hal tersebut tidak terkait dengan layanan dan jaringan backend kami," kata perwakilan Twitter Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X