Ini Dia Sensor Kamera Terkecil yang Dibuat Samsung

Kompas.com - 30/09/2019, 13:44 WIB
Ilustrasi sensor kamera Samsung ISOCELL Slim GH1 SamsungIlustrasi sensor kamera Samsung ISOCELL Slim GH1
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Samsung kembali menelurkan produk sensor penangkap gambar untuk kamera. Komponen bernama ISOCELL Slim GH1 itu merupakan sensor kamera terkecil yang pernah dibuat oleh pabrikan elektronik Korea Selatan itu.

Lebarnya hanya sekitar 4 mm, ukuran tiap piksel penangkap cahanya pun hanya 0,7 mikrometer dengan resolusi total 43,7 megapiksel.

Meski mungil, piksel di ISOCELL Slim GH1 diklaim mampu menangkap cahaya sebaik piksel yang berukuran dua kali lebih besar (1,4 mikrometer).

“ISOCELL Slim GH1 adalah sensor kamera mobile pertama yang mengadopsi piksel terkecil di dunia dengan ukuran 7 mikrometer,” sebut Samsung dalam sebuah keterangan tertulis.

Baca juga: Samsung-Xiaomi Bikin Sensor Kamera Ponsel 100 MP Pertama di Dunia

Sesuai dengan namanya, sensor kamera ini dirancang untuk gadget mobile yang “langsing dan memiliki layar lebar”, kemungkinan sebagai penangkap gambar untuk kamera selfie.

Samsung sendiri sebelumnya sudah memiliki sensor 32 megapiksel dengan ukuran piksel 0,8 mikrometer yang dipakai untuk kamera depan di ponsel.

Meski mungil, ISOCELL Slim GH1 dibekali aneka macam fitur modern untuk mendukung fungsinya di perangkat mobile, misalnya perekaman video 4K dengan frame rate hingga 60 FPS.

Baca juga: 10 Fitur Unik dan Menarik di Kamera Galaxy Note 10

Ada juga phase-detect autofocus, real-time HDR, dan Electronic Image Stabilization (EIS), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DPReview, Senin (30/9/2019).

Samsung menyebutkan sensor ini akan mulai diproduksi menjelang akhir 2019. Perangkat yang menggunakannya kemungkinan baru bakal bermunculan tahun depan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber DPReview
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X