Samsung-Xiaomi Bikin Sensor Kamera Ponsel 100 MP Pertama di Dunia

Kompas.com - 13/08/2019, 15:27 WIB
Ilustrasi Isocell Bright HMX SamsungIlustrasi Isocell Bright HMX

KOMPAS.com - Samsung menggandeng pabrikan ponsel China, Xiaomi untuk meluncurkan sensor kamera terbarunya, Isocell Bright HMX.

Sensor kamera baru itu diklaim mampu menunjang modul kamera hingga resolusi 108 megapiksel, dan diklaim sebagai sensor dengan angka 100 megapiksel pertama di industri smartphone.

"Lewat kerja sama yang erat dengan Xiaomi, Isocell Bright HMX adalah sensor smartphone pertama yang memiliki lebih dari 100 juta piksel," ujar Executive Vice President of Sensor Business Samsung Electronics, Yongin Park, dalam keterangan tertulis di blog resmi Samsung.

Secara teori, sensor ini mampu menghasilkan gambar hingga resolusi 12.032 x 9.024 dengan masing-masing piksel berukuran 0,8 mikron.

Baca juga: Punya Sensor Canggih, Kenapa Kamera Ponsel Sony Loyo?

Berkat teknologi Tetracell dari Samsung, sensor dapat menghasilkan gambar dengan detail tajam beresolusi 27 megapiksel. Gambar tersebut dihasilkan melalui teknologi pixel-merging, di mana masing-masing piksel 0,8 mikron tadi digabungkan menjadi berukuran 1,6 mikron.

Beralih ke ukuran sensor, Isocell Bright HMX memiliki ukuran sensor 1/1,33 inci, 125 persen lebih besar daripada sensor Isocell Bright GM1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan sensor sebesar itu, Isocell Bright HMX diklaim dapat menghasilkan foto yang sangat terang, meski kondisi pencahayaan sangat minim.

Isocell Bright HMX juga dibekali dengan fitur Smart-ISO. Fitur ini memungkinkan kamera menyesuaikan pengaturan sensitivitas cahaya secara otomatis dan dapat mengurangi noise berlebih demi menghasilkan foto yang optimal.

Baca juga: Samsung Galaxy Note 10 Plus Punya Kamera Keempat, Apa Fungsinya?

Untuk segi perekaman video, sensor Isocell Bright HMX juga bisa merekam video hingga resolusi 6K (6.016 x 3.384) dengan frame rate 30 fps.

Sensor Isocell Bright HMX rencananya akan mulai diproduksi pada Agustus ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Samsung Newsroom, Selasa (13/8/2019).

Xiaomi digadang-gadang bakal menjadi vendor smartphone pertama yang mengadopsi sensor kamera 108 megapiksel tersebut.

Menurut rumor, ponsel Xiaomi Mi Mix 4 bakal diluncurkan dengan sensor demikian pada Oktober mendatang. Kendati begitu, belum bisa dipastikan apakah kabar tersebut benar atau tidak.

Baca juga: Kamera Xiaomi Mi Mix 4 Punya Zoom seperti Oppo Reno?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.