Logo Apple di Punggung iPhone Bisa Menyala?

Kompas.com - 30/09/2019, 18:05 WIB
Logo Apple di iPhone 11 Pro HotHardwareLogo Apple di iPhone 11 Pro

KOMPAS.com - Apple berencana merombak fungsi logo ikonik "Apple" yang menempel di bagian punggung iPhone besutannya. Nantinya, logo tersebut akan bisa menyala dan bisa berfungsi sebagai lampu notifikasi.

Hal ini diketahui dari sebuah paten yang diajukan Apple ke kantor paten AS (USPTO) pada tanggal 18 September lalu, dan baru dirilis kantor tersebut pada 26 September kemarin.

Nah, berdasarkan informasi yang tertuang di dalam dokumen paten yang ditujukan untuk "cellular telephone" ini, logo Apple, yang kemudian disebut dekorasi, nantinya bakal ditempelkan di permukaan transparan.

Di bawahnya, ada sebuah optical hardware yang bisa memancarkan cahaya melalui logo Apple transparan tadi.

Baca juga: Kisah dan Mitos di Balik Logo Apple

Hardware ini juga bisa menerima input dari pengguna terkait warna cahaya yang dihasilkan. Pengguna kemudian bisa mengatur warna atau efek cahaya tersebut melalui menu "Settings" di iPhone mereka.

Kendati digambarkan di dalam paten mekanismenya, tidak disebutkan apakah logo ini akan terus menyala seperti logo Apple di sejumlah perangkat MacBook atau tidak.

Kemungkinan besar logo Apple ini hanya akan menyala jika ada notifikasi masuk saja. Sebab, dokumen paten memang menyebutkan logo itu akan bereaksi (menyala) jika ponsel menerima telepon atau sinyal seluler saja.

Selain di perangkat iPhone, komputer iMac juga disebut bakal dibekali dengan logo demikian, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HotHardware, Senin (30/9/2019).

Baca juga: Logo Apple di iPhone Bakal Ada Fungsinya

Sayangnya, pihak Apple belum memberikan keterangan resmi terkait kabar ini. Karena hanya sebuah paten, maka belum bisa dipastikan pula apakah iPhone generasi berikutnya, atau iMac tadi, bakal mengusung desain logo yang bisa menyala atau tidak.

Terkait logo, sebelumnya ada rumor menyebutkan bahwa lambang ikonik tersebut bakal berfungsi sebagai titik pusat untuk fitur reverse wireless charging. Namun, itu juga belum jelas kebenarannya. Kita tunggu saja apa inovasi Apple terkait logo di kemudian hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X