Sony A9 Mark II Meluncur, Ini Peningkatan yang Dibawa

Kompas.com - 04/10/2019, 12:14 WIB
Tampilan depan kamera mirrorless full frame Sony Alpha A9 Mark II SonyTampilan depan kamera mirrorless full frame Sony Alpha A9 Mark II
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Anggota keluarga kamera mirrorless full-frame Sony kembali bertambah dengan dikenalkannya seri Alpha A9 Mark II pekan ini.

Sebagai bagian dari lini A9 yang berorientasi sport, kamera yang mengutamakan kecepatan tersebut duduk di urutan teratas dalam hierarki kamera mirrorless Sony.

Rancangan Sony A9 Mark II sendiri terbilang masih mirip dengan kamera pendahulunya, A9 generasi pertama, dengan rear control dial yang dipindah ke bagian top plate.

Hanya saja, Sony menerapkan sejumlah peningkatan, seperti weather sealing dan kinerja prosesor yang lebih tinggi.

Baca juga: Sony Siapkan Ponsel Xperia dengan Snapdragon 865?

Sony memasang pelindung yang lebih tangguh di bagian penutup konektor, dan kompartemen baterai, seperti yang terdapat pada kamera Sony A7 Mark IV.

Sensornya masih sama dengan milik A9 generasi pertama, 24 megapiksel full frame, dengan phase detect AF points sebanyak 693 titik. Namun, prosesor Bionz X pendampingnya diklaim memiliki kinerja lebih tinggi.

Dengan prosesor itu, Sony A9 Mark II dijanjikan memiliki kemampuan subject tracking, berikut kecepatan burst speed (dengan shutter mekanik) yang kini mencapai 10 FPS.

Bagian belakang dan top plate Sony A9 Mark IISony Bagian belakang dan top plate Sony A9 Mark II

Dengan shutter elektronik, kecepatan burst speed Sony A9 Mark II masih berada di angka 20 FPS tanpa blackout, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari DP Review, Jumat (4/10/2019).

Beberapa bagian bodi A9 Mark II sedikit lebih besar dibandingkan pendahulunya, termasuk handgrip, joystick, dan tombol AF-on. Kenop exposure compensation kini bisa dikunci supaya tak bergeser sendiri tanpa disengaja.

Baca juga: Sony Alpha a6500 dan a6100 Meluncur

Sebagai kamera yang ditujukan bagi fotografer profesional yang membutuhkan speed mumpuni, A9 Mark II turut dibekali aneka konektivitas berkecepatan tinggi, termasuk Gigabit Ethernet dan Wi-Fi 802.11ac 5 GHz.

Kemampuan videonya relatif tak berubah dibandingkan Sony A9 generasi pertama, masih mentok dengan perekaman 4K 8-bit tanpa profil picture tingkat lanjut, seperti Log atau HLG.

Sony rencananya akan mulai menjual A9 Mark II pada November mendatang, dengan banderol harga 4.500 dollar AS atau sekitar Rp 63,6 juta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber DPReview
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X