Pelindung Layar Bikin "Fingerprint Scanner" Galaxy S10 Rawan Dibobol

Kompas.com - 19/10/2019, 07:56 WIB
Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus juga dibekali in-display fingerprint scanner.
KOMPAS.com/ OIK YUSUFGalaxy S10 dan Galaxy S10 Plus juga dibekali in-display fingerprint scanner.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sebuah bug alias celah keamanan ditemukan di ponsel Samsung Galaxy S10. Celah keamanan ini memungkinkan pengguna lain membobol ponsel tersebut lewat fitur pemindai sidik jari (Ultrasonic Fingerprint Sensor) yang tertanam di dalam layar.

Celah keamanan ini  ditemukan oleh seorang penggunabernama Lisa, seorang wanita asal Inggris, yang baru saja memasang pelindung layar berbahan gel pada Galaxy S10 miliknya. Screen protector itu bukan barang resmi dari Samsung, melainkan dibeli dari e-Bay.

Baca juga: Pabrik Tutup, Samsung Bagi-bagi Galaxy S10 Plus Gratis untuk Karyawan

Setelah ditempelkan di atas layar ponsel, Lisa menyadari bahwa telunjuk tangan kirinya bisa membuka kunci layar ponsel tersebut, padahal ia hanya mendaftarkan telunjuk tangan kanannya pada pengaman  fingerprint ponsel itu. 

Penasaran, ia lantas meminta suaminya melakukan hal yang sama. Galaxy S10 kembali terbuka meski sidik jari sang suami juga tak terdaftar.

Kemudian Lisa memasang pelindung layar yang sama ke perangkat Samsung milik adiknya. Kejadian serupa kembali berulang. Hal ini membuatnya khawatir.

"Siapa pun dapat mengakses (Galaxy S10) dan bisa masuk ke aplikasi keuangan dan kemudian menguras dana yang tersimpan," ujar Lisa yang bergegas melaporkan temuannya itu ke pihak Samsung.

Belakangan, Samsung membenarkan bahwa memang ada bug pada pemindai sidik jari Galaxy S10 yang membuatnya rawan dibobol, apabila dipasangi screen protector non-resmi seperti yang dibeli Lisa.

Baca juga: Pemindai Sidik Jari Galaxy S10 Bermasalah dengan Screen Protector?

Dirangkum KompasTekno dari BBC, Sabtu (19/10/2019), Samsung menyatakan bakal menyalurkan update software untuk memperbaiki celah keamanan di pemindai sidik jari Galaxy S10.

Sebelumnya sempat ada laporan bahwa pemindai sidik jari Galaxy S10 bermasalah dengan pelindung layar non-resmi. Sebabnya disinyalir karena ada celah udara yang mengganggu mekanisme kerja fingerprint scanner ultrasonik di ponsel itu.

Samsung menyarankan para pengguna perangkatnya agar hanya memakai aksesori resmi untuk menghindari masalah.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber BBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X