Setahun, Bocah 8 Tahun Ini Raup Rp 310 Miliar dari YouTube

Kompas.com - 21/10/2019, 10:21 WIB
Tangkapan layar kanal YouTube Ryan ToysReview YouTube/Ryan ToysReviewTangkapan layar kanal YouTube Ryan ToysReview

KOMPAS.com - Bukan selebriti, bukan gamer, bukan pula tokoh kontroversial, YouTuber dengan berpenghasilan terbesar ternyata adalah bocah lelaki berumur 8 tahun bernama Ryan Kaji dari kanal Ryan's ToysReview.

Penghasilan Ryan dalam setahun mencapai 22 juta dollar AS (sekitar Rp 310 miliar). Angka ini merupakan hitungan penghasilan sebelum pajak sejak 1 Juni 2017 hingga Juni 2018.

Jumlah pendapatan Ryan naik dari 11 juta dollar AS dari tahun sebelumnya. Penghasilan dia sedikit lebih tinggi dibanding YouTuber Jake Paul yang di periode yang sama meraup 21,5 juta dollar AS.

Baca juga: Cerita Ryan, Bocah 6 Tahun yang Jadi Miliarder Berkat YouTube

Isi konten YouTuber Ryan cukup sederhana, yakni tentang ulasan mainan. Tentu, secara demografis, penontonnya adalah anak-anak meski kanal YouTube miliknya ada di platform reguler, bukan YouTube Kids.

Mengingat usianya yang masih sangat belia, kanal YouTube Rian dijalankan oleh keluarganya, termasuk sang ayah dan ibu Ryan yang kerap muncul dalam video.

Ryan memulai karir YouTube sejak tahun 2015. Kala itu ia menampilkan unboxing mainan dengan durasi lima menit. Lambat laun, Ryan's ToysReview menarik lebih banyak penonton dan mulai populer.

Micahel Bienstock, Chief Executive Semaphore, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang influencer digital, melihat potensi besar dari Ryan. Ia lantas berbincang dengan orangtua Ryan tentang peluang finansial dari pertumbuhan kanal YouTube Ryan.

Bienstock lalu membantu keluarga Ryan menjalankan kanal YouTube Ryan's ToysReviews hingga menjadi besar. Channel itu kini telah mengumpulkan lebih dari 22 juta subscriber.

Baca juga: Studi Ungkap Jenis Video yang Paling Laris Ditonton di YouTube

Ryan tak cuma YouTuber cilik. Namanya melebar ke berbagai bisnis baru. Seperti bintang televisi hingga menciptakan brand "Ryan's World" yang dibantu oleh perusahaan hiburan anak-anak Pocket.Watch.

Dirangkum KompasTekno dari Forbes, Senin (21/10/2019), brand Ryan's World kemudian disebarluaskan ke beberapa perusahaan seperti Nickelodeon, Colgate, Bonker Toys, Roku, dan Walmart.

Merchandise Ryan's World seperti mainan telur raksasa "Ryan’s World Giant Mystery Egg" yang diproduksi Bonkers juga dijual di toko-toko ritel Target dan Amazon.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X