Konsol Switch Lite Dongkrak Pendapatan Nintendo

Kompas.com - 02/11/2019, 09:16 WIB
Nintendo memerkenalkan Switch versi Lite. GamespotNintendo memerkenalkan Switch versi Lite.

KOMPAS.com - Usia Switch Lite yang diluncurkan Nintendo bahkan belum sampai 6 bulan. Namun konsol genggam dengan harga yang lebih murah dari Switch reguler ini langsung memberi kontribusi besar pada pendapatan Nintendo.

Nintendo berhasil menjual Switch Lite sebanyak 1,95 juta unit hingga akhir September lalu. Angka ini merupakan 46 persen dari seluruh penjualan konsol Nintendo Switch di kuartal ketiga (Q3) 2019.

Dengan angka penjualan tersebut, Nintendo berhasil membukukan laba bersih sebesar 615 juta dollar AS selama enam bulan terakhir. Angka ini naik 116 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Selama kuartal ketiga ini pula Nintendo berhasil mendulang untung besar. Pendapatan Nintendo selama Q3 ini tercatat mencapai 2,5 miliar dollar AS, naik 26 persen dibandingkan periode yang sama di 2018.

Baca juga: Game-game Legendaris Super Nintendo Hadir di Switch

Dikutip KompasTekno dari Geek Wire, Sabtu (2/11/2019), konsol Nintendo Switch Lite memang tercatat membuat debut positif saat pertama kali diluncurkan. Sambutan baik dari publik pada konsol ini tercermin dari angka penjualan di bulan pertama.

Selama satu bulan pertama, Nintendo berhasil menjual sebanyak 2,74 juta unit Switch Lite dan menjadi konsol terlaris di kawasan Amerika Serikat. Jika dikalkulasikan dengan Switch reguler, ada sebanyak 41,67 juta unit konsol Switch yang berhasil dijual Nintendo sejak Maret 2017.

Meski berhasil menorehkan kontribusi yang positif, Nintendo tampaknya tidak berambisi untuk menetapkan target penjualan yang lebih tinggi.

Switch Lite sendiri diperkenalkan pada Juli lalu oleh General Producer Nintendo Switch, Yoshiaki Koizumi. Ia mengatakan bahwa Nintendo Switch Lite dibuat khusus untuk digunakan secara handheld.

Baca juga: Nintendo Switch Lite Meluncur, Lebih Murah Tanpa Koneksi ke TV

Artinya konsol ini hanya akan dapat dimainkan dalam genggaman, tanpa bisa dikoneksikan ke televisi.

Nintendo Switch Lite mengusung layar seluas 5,5 inci. Ukuran ini lebih kecil dari Switch reguler yang seluas 6,2 inci. Sementara fitur konektivitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan NFC masih tersedia pada konsol ini.

Nintendo Switch Lite mulai dijual pada 20 September lalu. Harga Switch Lite berkisar 199 dollar AS (sekitar Rp 2,8 juta). Sementara harga Nintendo Switch reguler sendiri saat ini berkisar 300 dollar AS (Rp 4 jutaan).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber GeekWire
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X