YouTube Music Versi Mobile Bisa Download, Versi PC Dukung "PiP"

Kompas.com - 11/11/2019, 07:01 WIB
Ilustrasi YouTube Music versi desktop via situs web (kiri) dan mobile (kanan). KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi YouTube Music versi desktop via situs web (kiri) dan mobile (kanan).
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pekan lalu, Google resmi memboyong YouTube Music di Indonesia. YouTube Music merupakan platform streaming musik serupa dengan Spotify.

Selain bisa diakses dari aplikasi YouTube Music yang bisa diunduh di perangkat Android dan iOS, layanan ini juga bisa dinikmati di desktop lewat situs music.youtube.com. Lantas, apa perbedaannya?

Pada tampilan awal di tab "Home", perbedaan tak begitu kentara. Kedua platform bisa dibilang menyuguhkan tampilan identik. 

Baik YouTube Music versi mobile maupun desktop sama-sama menampilkan daftar lagu yang sedang populer hari ini, sejumlah rekomendasi artis dan playlist lagu, berikut aneka musik keluaran terbaru.

Lalu, beralih ke tab "Hotlist", kedua platform pun kompak menyajikan daftar video musik yang sedang ramai ditonton di internet. 

Ketika salah satu dari daftar video Hotlist ini diklik, pengguna pun bakal disuguhkan dengan sebuah video musik tersebut. Nah, di sini, perbedaan antar-kedua platform pun muncul.

YouTube Music mobile dan desktop memainkan video HotlistKOMPAS.com/Bill Clinten YouTube Music mobile dan desktop memainkan video Hotlist

Video yang ditampilkan di YouTube Music desktop bisa dimainkan dengan mekanisme picture-in-picture (PiP) alias bisa diputar sembari bernavigasi di YouTube Music.

Video Hotlist yang tampil di aplikasi YouTube Music sendiri sebenarnya masih bisa ditonton, tetapi video tersebut diperkecil hingga bisa dimuat di area yang sejajar dengan tombol pause dan close di bagian bawah aplikasi.

Kemudian di tampilan terakhir, yakni tab "Library", terlihat tidak ada perbedaan signifikan  antara kedua platform.

YouTube Music versi mobile dan desktop sama-sama menampilkan menu "Playlist", "Albums", "Songs", hingga "Artist".

Hanya saja YouTube versi mobile memang dibekali dengan menu "Download" yang bisa diakses untuk melihat daftar lagu yang telah diunduh dan bisa dimainkan secara offline.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X