Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sony Pamer Kemampuan Sensor Kamera Baru untuk Ponsel, IMX686

Kompas.com - 11/11/2019, 19:09 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sony adalah pabrikan sensor kamera yang produknya dipakai di produk smartphone dari berbagai merek. Sensor 48 megapiksel Sony IMX586, misalnya, dipakai di Oppo Reno 2, Realme 5 Pro, hingga Redmi Note 7 Pro.

Kini Sony sedang menyiapkan sensor baru bernama IMX686 yang kemungkinan merupakan penerus dari IMX586 itu. Keberadaannya diungkap lewat sebuah video teaser yang belakangan diunggah ke internet oleh pabrikan Jepang tersebut.

Baca juga: Ini Dia Sensor Kamera Terkecil yang Dibuat Samsung

Di dalam video berdurasi 2 menit 29 detik yang pertama kali diunggah ke situs microblogging Weibo itu, Sony memamerkan rangkaian foto yang dijepret dengan sensor IMX686 di berbagai kondisi, mulai dari selfie hingga hamparan bintang di langit malam.

Meskipun video menampilkan smartphone, kemunculan perangkat tersebut tak lebih dari sekadar ilustrasi. Sebab, sensor terkait masih belum terpasang di ponsel untuk keperluan produksi video.

Baca juga: Samsung-Xiaomi Bikin Sensor Kamera Ponsel 100 MP Pertama di Dunia

"Semua foto (gambar diam) di video ini diambil dengan sensor model IMX686 dari Sony di sebuah papan sirkuit prototipe dan PC," bunyi tulisan keterangan yang tertera di awal video besutan Sony tersebut.

Disebutkan bahwa sensor Sony IMX686 memiliki resolusi 64 megapiksel dan bakal hadir di smartphone mulai 2020 mendatang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Senin (11/11/2019).

Selagi menunggu, silakan simak video teaser IMX686 selengkapnya di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com