Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LinkAja Resmi Jadi Opsi Pembayaran di Gojek, Segera Hadir di Grab

Kompas.com - 13/11/2019, 12:18 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - LinkAja semakin memperluas ekspansinya sebagai metode pembayaran digital. Kali ini, dompet digital pelat merah itu muncul sebagai salah satu opsi pembayaran di aplikasi Gojek.

Sementara untuk aplikasi Grab, LinkAja mengaku sedang melakukan uji coba dan bakal meresmikannya dalam waktu dekat.

"Saat ini LinkAja telah resmi menjadi salah satu metode pembayaran non-tunai di ekosistem super app Gojek," ujar Kristy Nelwan, VP Corporate Communications Gojek saat dihubungi KompasTekno Rabu (13/11/2019).

Lebih lanjut, Kristy menegaskan LinkAja baru bisa digunakan sebagai alat pembayaran di tiga layanan Gojek, yakni GoTix, GoRide, dan GoCar. Untuk layanan di luar ketiganya, seperti GoFood dan GoSend, saat ini belum bisa digunakan.

Baca juga: Waspada, Marak Penipuan Meminta Kode OTP Gojek dan Grab

Sementara Putri Dianita Ruswaldi, Head of Corporate Communication LinkAja pun mengamini bahwa opsi pembayaran LinkAja sudah tersedia di aplikasi Gojek versi Android maupun iOS.

Begitu pula dengan Grab yang sudah tersedia 100 persen di smartphone Android per 4 November lalu, dan sebagian pengguna iOS.

Namun untuk Grab, ia mengatakan saat ini belum resmi diluncurkan, masih dalam tahap pengembangan, sehingga belum semua pengguna Grab bisa menggunakannya.

"Karena masih ada pengembangan lebih lanjut dari sisi LinkAja, maka bagi pengguna Android yang belum mencoba versi testing saat ini tidak bisa digunakan," jelasnya.

Dengan demikian, pilihan pembayaran di kedua ride hailing populer itu semakin banyak, tidak lagi bergantung pada Go-Pay atau OVO, yang selama ini menjadi satu-satunya dompet digital andalan Grab.

Cara mengaktifkan LinkAja di Gojek

Tentunya, pastikan dulu Anda memiliki aplikasi LinkAja dan telah mengaktifkan akun. Untuk mengaktifkan LinkAja, pengguna harus melakukan order lebih dulu, misalnya saja memesan transportasi Go-Ride atau Go-Car.

Cara aktivasi LinkAja di aplikasi GojekKompas.com Cara aktivasi LinkAja di aplikasi Gojek

Kemudian pilih metode pembayaran di menu "Bayar Dengan" yang ada di bawah lokasi tujuan. Lantas pilih LinkAja, lalu hubungkan dengan akun dengan memasukan PIN dan nomor telepon yang terhubung dengan LinkAja.

Baca juga: Grab Masih Evaluasi Efek Denda untuk Pembatalan Perjalanan

Lalu, pengguna akan mendapatkan kode verifikasi untuk mengaktifkannya.

Cara mengaktifkan LinkAja di Grab

Cara mengaktifkan LinkAja di Grab tidak jauh berbeda dengan Gojek. Hanya saja untuk langkah awal, pengguna tidak harus membuat order.

Pengaktifan LinkAja bisa dilakukan dengan membuka menu "akun" kemudian "kartu" dan pilih "tambah metode pembayaran". Opsi LinkAja akan muncul di bagian paling bawah.

Cara aktivasi LinkAja di aplikasi Grab.Kompas.com Cara aktivasi LinkAja di aplikasi Grab.

Klik opsi tersebut, dan lakukan langkah yang sama dengan aktivasi LinkAja di Grab yakni dengan memasukan PIN dan nomor telepon yang terhubung. 

Baca juga: 2 SPBU di Semarang Terima Pembayaran Uang Digital

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com