Cara Membedakan iPhone Rekondisi dan Asli

Kompas.com - 19/11/2019, 18:17 WIB
Ilustrasi iPhone 6S TheVergeIlustrasi iPhone 6S

KOMPAS.com - Sindikat pelaku rekondisi smartphone ilegal berhasil diungkap. Polresta Tangerang berhasil meringkus pelaku di Ruko Boulevard, Blok E, Desa Ciakar, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang.

Para pelaku sengaja membeli iPhone berbagai tipe yang rusak dari Singapura tanpa dilengkapi izin impor. Kemudian, dilakukan rekondisi dengan mengganti komponen dengan suku cadang bukan orisinil milik iPhone.

Di pasaran, iPhone rekondisi memang memiliki banyak peminat. Sebab, harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibanding iPhone asli bekas.

Padahal, iPhone rekondisi memiliki banyak kelemahan yang tak jarang dikeluhkan pengguna.

Baca juga: Pabrik iPhone Rekondisi di Tangerang Digerebek Polisi

Selain komponen yang palsu, beberapa fitur juga diaporkan malfungsi, seperti baterai bocor, LCD mati, atau kamera yang tidak berfungsi. Lantas, bagaimana membedakan iPhone rekondisi dan iPhone asli?

KompasTekno telah merangkum beberapa tips yang bisa digunakan untuk membedakan iPhone rekondisi dan asli.

1. Sekrup

Sektor ini mungkin agak sulit dilihat karena butuh kejelian dan mungkin harus membongkar fisik. Sekrup yang digunakan iPhone asli merupakan sekrup pentalobe berujung lima.

Sekrup ini resmi digunakan Apple untuk produk-produknya sejak tahun 2009 dengan sebutan "Pentalobular security screws". Sementara iPhone rekondisi biasanya menggunakan sekrup biasa.

2. Tombol Fisik

Pastikan pula tombol fisik yang terpasang, terutama tombol sleep/wake di kanan atas sementara tombol volume ada di sisi kiri. Apabila fungsi tombol tidak sesuai dengan letaknya Anda patut curiga.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X