Harga Realme X2 Pro Cuma Rp 7 Jutaan, Sengaja Rusak Harga Pasar?

Kompas.com - 28/11/2019, 10:10 WIB
Tiga varian warna Realme X2 Pro. Yudha Pratomo/Kompas.comTiga varian warna Realme X2 Pro.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Realme resmi memboyong smartphone seri X2 Pro ke Indonesia. Ponsel tersebut merupakan flagship pertama Realme yang dijual di tanah air.

Dengan spesifikasi yang tinggi, chipset Snapdragon 855 Plus, RAM 12 GB dan penyimpanan 256 GB, harga yang disematkan pada Realme X2 Pro dianggap cukup miring yaitu Rp 7,8 juta.

Bandingkan saja dengan Black Shark 2 Pro yang sama sama mengusung Snapdagon 855 Plus tapi dengan kapasitas RAM dan penyimpanan yang lebih kecil. Ponsel tersebut dibanderol dengan harga Rp 8 juta.

Ada pula Asus Zenfone 6 yang dibekali Snapdragon 855 reguler (bukan Plus), RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB dibanderol Rp 7 juta. 

Apa strategi Realme sehingga bisa membanderol harga tersebut?

Menurut Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian, untuk membuat harga X2 Pro yang kompetitif pihak Realme mengandalkan strategi manajemen yang efektif. Felix mengatakan untuk ponsel Realme X2 Pro ini perusahaan berfokus pada pemasaran online.

Selain itu, Felix juga mengungkapkan bahwa hal lain yang dikorbankan untuk memangkas harga adalah tim brand dari Realme itu sendiri. Ia pun menekankan bahwa jumlah tim brand yang ada di Realme tidak sebanyak kompetitor lainnya.

"Otomatis Realme menggunakan strategi bukan kami yang push produk, tetapi user yang cari produk kami. Makanya Realme bisa menciptakan produk dengan harga yang kompetitif," kata Felix dalam wawancara saat acara peluncuran Realme X2 Pro di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Felix juga menyanggah anggapan bahwa Realme dengan sengaja membanting harga Realme X2 Pro untuk merusak harga pasar (dumping). Ia memastikan strategi tersebut tidak digunakan dalam pemasaran ponsel ini.

"Bukan karena dumping. Kalau sengaja (menjatuhkan harga), dalam setahun kita sudah tidak akan ada. Jadi sudah kami pikirkan dari segala hal tersebut," pungkas Felix.

Baca juga: Realme X2 Pro Masuk Indonesia, Ponsel Snapdragon 855 Plus Rp 7 Jutaan

Realme X2 Pro sendiri bisa mulai dipesan mulai tanggal 28 November 2019 hingga 3 Desember 2019.

Sebagai model teratas di jajaran smartphone Realme, X2 Pro dibekali chip terkencang dari Qualcomm, Snapdragon 855 Plus, dipadu RAM 12 GB dan media penyimpanan 256 GB.

Layar X2 Pro memiliki diagonal 6,5 inci dengan panel Super AMOLED dan resolusi full HD. Rasio aspeknya mencapai 20:9.

Di punggung X2 Pro terdapat empat kamera dengan konfigurasi serupa dengan milik Realme XT, terdiri dari kamera utama 64 megapiksel, kamera telephoto 13 megapiksel, kamera ultra wide angle 8 megapiksel, dan kamera 2 megapiksel depth sensor.

Baca juga: Smartphone Realme 5s Resmi Masuk Indonesia, Berapa Harganya?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X