Pasaran iPhone Turun, Ponsel Samsung, Oppo, dan Huawei Naik

Kompas.com - 28/11/2019, 16:42 WIB
Samsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus. KOMPAS.com/Wahyunanda Kusuma PertiwiSamsung Galaxy Note 10 dan Galaxy Note 10 Plus.

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Gartner pekan ini mempublikasikan laporannya untuk pasaran smartphone dunia pada kuartal-III 2019. Dalam periode tiga bulan tersebut, Gartner mencatat ada kecenderungan konsumen lebih memilih ponsel menengah ketimbang premium.

Pangsa pasar Apple (iPhone) selaku salah satu pemain di kelas atas pun disebutkan menurun, sementara tiga vendor Android pesaingnya, yakni Samsung, Huawei, dan Oppo, justru mencatat kenaikan.

"Konsumen smartphone hari ini lebih memilih produk menengah daripada premium karena menawarkan value lebih tinggi," ujar periset senior Gartner, Anshul Gupta.

Baca juga: Resmi, Ini Daftar Harga iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max di Indonesia

Samsung masih merajai industri smartphone global hingga dengan market share 20,4 persen pangsa pasar, naik sekitar 2 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Namun, pertumbuhan terbesar justru dicatat oleh Huawei sebesar 4 persen. Pada kuartal-III 2019, Huawei menguasai pangsa pasar smartphone global sebesar 17 persen sehingga duduk di urutan kedua setelah Samsung.

Daftar pangsa pasar smartphone global pada kuartal-III 2019 dari lembaga riset GartnerGartner Daftar pangsa pasar smartphone global pada kuartal-III 2019 dari lembaga riset Gartner

Sementara, Apple yang ada di posisi ketiga mengalami penurunan market share sebesar 1,3 persen, dari tadinya 11,8 persen tahun lalu menjadi 10,5 persen. Angka pengiriman iPhone turun 10,7 persen dari kisaran 45 juta unit ke 40 juta unit.

"Di Pasar China, penjualan iPhone terus tumbuh, namun angka ini mengikuti penurunan dua digit yang sudah tercatat di awal tahun," lanjut Gupta sebagaimana KompasTekno rangkum dari First Post, Kamis (28/11/2019).

Senasib dengan Apple, pangsa pasar Xiaomi juga turun dari 8,5 persen pada periode yang sama tahun lalu menjadi 8,3 pada periode ini.

Baca juga: Samsung Alihkan Produksi Sebagian Ponsel ke China, Bisa Turun Harga?

Oppo yang duduk di posisi kelima mengamankan 8,0 persen pangsa pasar pada periode ini, naik tipis dari periode yang sama tahun lalu sebesar 7,9 persen.

Secara keseluruhan, Gartner mencatat danya penurunan penjualan smartphone secara global sebesar 0,4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Alasannya, banyak konsumen yang menunda upgrade smartphone sambil menunggu jaringan 5G di beberapa negara.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber FirstPost
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X