Pengalaman Streaming Video di Indonesia Disebut Membaik

Kompas.com - 01/12/2019, 14:02 WIB
Ilustrasi YouTube mobile shutterstockIlustrasi YouTube mobile

KOMPAS.com - Perusahaan riset jaringan mobile, OpenSignal mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi pasar video streaming di dunia.

Namun, meski menjadi pasar yang besar, pengalaman menonton video streaming secara mobile di Indonesia masih belum memperlihatkan peningkatan yang signifikan

Hal itu berdasar hasil penelitian "The State of Mobile Video Experience 2019" terbaru. Laporan tersebut berisi riset tentang pengalaman pengguna dalam menonton video streaming.

Penelitian tersebut melibatkan 37 juta perangkat, yang diuji dalam periode 1 Agustus 2019 hingga 30 Oktober 2019.

Baca juga: Kecepatan Streaming Video Diuji Global, Indonesia Termasuk Paling Buruk

Dalam penelitian ini, OpenSignal melakukan penelitian dengan memanfaatkan jaringan 3G dan 4G operator seluler, di masing-masing lokasi pengujian.

Hasil dari penelitian tersebut berupa skor 0 - 100, yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa kategori dan skala.

Skor 75 - 100 dianggap sebagai nilai Sempurna (excellent), kemudian 65 - 75 Sangat Baik (very good), nilai 55 - 65 Baik (good), 40 - 55 Wajar/lumayan (fair), dan 0 - 40 Buruk (poor).

Dari laporan OpenSignal, Indonesia diketahui mendapat skor 51,3, yang berarti masuk dalam kategori wajar atau lumayan. Indonesia menempati peringkat 13 dari 23 negara yang diuji di Asia Pasifik.

Meski tidak masuk dalam sepuluh besar, dikutip KompasTekno, Minggu (1/12/2019), skor yang diperolah Indonesia ternyata membaik dari tahun lalu. Pada 2018, Indonesia mendapatkan nilai 46,3 atau peringkat ke 15.

Baca juga: Kualitas Streaming Video di Indonesia Termasuk Paling Buruk

"Pengalaman video streaming di Malaysia, Indonesia, dan Jepang ada peningkatan. Meski Malaysia dan Indonesia sama-sama tetap berada pada kategori nilai yang lumayan (fair), Malaysia hanya kurang satu poin untuk masuk ke kategori Baik (good)," tulis Open Signal dalam laporannya.

Malaysia mendapatkan nilai 54,4 dan berada beberapa peringkat di atas Indonesia. Posisi Indonesia berdekatan dengan India yang mendapatkan nilai 51,2 dan Thailand dengan nilai 50,3.

Untuk wilayah Asia Pasifik, Singapura, Australia, Taiwan, Korea Selatan, dan Selandia Baru menempati lima peringkat teratas sebagai negara yang menyajikan pengalaman streaming video paling baik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X