Ini Spesifikasi Komputer IBM ZR1 Rp 66 Miliar yang Dilirik BPRD DKI

Kompas.com - 10/12/2019, 18:11 WIB
Komputer mainframe IBM IBMKomputer mainframe IBM

KOMPAS.com - Untuk mempermudah pemetaan pajak daerah berikut potensinya, Pemprov DKI Jakarta, melalui Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), berencana meminang satu set komputer, lengkap dengan perangkat dan biaya perawatannya.

Total anggaran yang disiapkan untuk satu set komputer dan biaya perawatannya itu mencapai Rp 128,9 miliar.

Di dalam anggaran yang tercanang di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) DKI Jakarta itu, tertera pembelian perangkat satu unit komputer mainframe dengan merek spesifik.

Merek yang dimaksud adalah IBM bertipe ZR1 dari seri z14 (tipe mesin 3907). Harga satu unitnya ditulis dalam RAPBD sebesar Rp 66,6 miliar. Lantas, bagaimana spesifikasi komputer tersebut?

Spesifikasi IBM z14 ZR1

IBM z14 ZR1 adalah komputer mainframe ramping dengan form factor 19 inci yang memungkinkan sang komputer untuk dipadukan dengan beragam perangkat data center yang sudah ada (existing).

Baca juga: Apa Itu Komputer Mainframe yang Ingin Dibeli BPRD DKI?

Saking rampingnya, komputer mainframe ini diklaim mampu menghemat tempat sekitar 40 persen.

Di balik ukuran besarnya itu, IBM z14 ZR1 dipersenjatai dengan prosesor seri IBM Z yang mampu menjalankan hingga 30 inti prosesor (core) sekaligus, dipadankan dengan memori hingga 8 TB dan power distrubution unit (PDU) hingga 240 volt.

Komputer mainframe IBM z14 ZR1IBM Komputer mainframe IBM z14 ZR1
Dengan spesifikasi tersebut, komputer diklaim bisa memproses 850 juta informasi yang terenkripsi dalam satu hari, sebagaimana dilansir KompasTekno dari ZDNet, Selasa (9/12/2019).

Soal keamanan sendiri, IBM z14 ZR1 mendukung fitur "Pervasive Encryption" dan "IBM Secure Service Container" yang memungkinkan beragam data yang tersimpan di dalam server tetap terlindungi, baik dari serangan peretas atau ancaman malware.

Halaman:


Sumber ZDNet,IBM
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X