Kompas.com - 18/12/2019, 15:58 WIB

KOMPAS.com - Perusahaan ride-hailing Gojek mengumumkan bakal menghentikan sejumlah layanan GoLife miliknya.

Beberapa layanan tersebut yakni GoGlam, GoFix, GoAuto, GoDaily, GoLaundry, dan Service Marketplace tidak akan dilanjutkan lagi tahun depan.

"Layanan GoLaundry dan GoDaily akan beroperasi hingga 31 Desember 2019. Sedangkan layanan GoFix dan GoGlam akan beroperasi sampai pertengahan Januari 2020, termasuk Service MarketPlace yang masih dalam tahap percobaan," kata Head of GoLife Wesly Simatupang.

Lebih lanjut, Gojek akan lebih fokus pada layanan GoClean dan GoMassage yang diklaim menyumbang hampir 90 persen dari total pemesanan di ekosistem GoLife.

Gojek juga memberikan beberapa opsi untuk para mitra yang terdampak penutupan layanan ini.

Baca juga: Gojek Disebut Akan Caplok 5 Persen Saham Blue Bird

Wesly mengatakan, para mitra yang terdampak bisa bergabung dengan sejumlah layanan Gojek yang masih aktif, termasuk layanan GoRide dan GoCourrier, rekan usaha GoPay, dan GoTix, hingga mitra Usaha Mapan.

Untuk mitra Usaha Mapan, Gojek akan memberikan pelatihan dan modal awal bagi para mitra yang bergabung. Hal ini bertujuan untuk membantu mereka memulai usaha baru.

"Khusus mitra GoFix, kami memberikan kesempatan kepada istri mereka untuk dapat mendaftar sebagai mitra Usaha Mapan," imbuh Wesley dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Rabu (18/12/2019).

Baca juga: Gojek Mulai Uji Coba di Malaysia Januari 2020

Gojek juga mempersilakan para mitranya bergabung dengan platform layanan online lain.

Startup decacorn ini akan memfasilitasi para mitranya untuk menghadiri Bursa Kerja Mandiri yang diselenggarakan Kementerian Ketenagakerjaan.

Wesly mengatakan, meski beberapa layanan akan tutup usia, Gojek masih akan mengembangkan produk yang akan didasarkan pada kebutuhan dan tingkat permintaan konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.