OnePlus Bikin Ponsel dengan Kamera Tak Kasatmata?

Kompas.com - 07/01/2020, 07:02 WIB
Konsep ponsel Oneplus yang memiliki kamera tersembunyi KOMPAS/Putri Zakia SalsabilaKonsep ponsel Oneplus yang memiliki kamera tersembunyi

KOMPAS.com - OnePlus memamerkan konsep ponsel baru, OnePlus Concept One, dengan lensa kamera belakang yang tak kasatmata, alias dapat disembunyikan.

Bocoran konsep kamera ponsel yang tersembunyi itu diungkap lewat video yang diunggah di akun Twitter dan YouTube resmi OnePlus.

Lensa kamera tersebut akan tersembunyi karena lapisan kaca electrochromics. Kaca akan berubah dari warna yang padat menjadi transparan ketika dialiri listrik, sehingga memunculkan lensa kamera yang ada di bawahnya.

Teknologi ini adalah hasil dari kolaborasi OnePlus dengan produsen supercar McLaren. Sebelumnya, teknologi kaca electrochromic juga digunakan pada deretan mobil kelas atas produksi McLaren.

Baca juga: Bocoran Gambar Ungkap Keberadaan Ponsel Kelas Menengah OnePlus 8 Lite

Rencananya, OnePlus akan memamerkan konsep ponsel terbarunya ini dalam acara CES 2020 yang akan dilaksanakan mulai 7 Januari 2020 di Las Vegas, AS.

Selain teknologi invisible camera, dalam akun Twitter-nya, OnePlus jug menyebut teknologi color-shifting glass technology, yang kemungkinan adalah warna casing ponsel yang bisa berubah-ubah.

Baca juga: OnePlus 7T Pro Diperkenalkan, Ini Bedanya dari OnePlus 7T

Namun, teknologi electrochromics ini tidak diterapkan pada layar depan ponsel, karena layar depan akan menggunakan teknologi OLED dengan refresh rate tinggi.

Sekarang fitur kamera tak kasatmata itu masih menjadi konsep, belum diketahui apakah OnePlus berencana untuk merilisnya secara komersil.

OnePlus memang sedang mencoba untuk membuat smartphone dengan "wajah" yang mulus. Sehingga dengan fitur kamera tersembunyi ini, permukaan ponsel bisa rata, tidak memiliki benjolan kamera di bagian belakang.

Selain itu, dihimpun KompasTekno dari ubergizmo, Selasa (7/1/2020), kemungkinan ponsel konsep ini menjadi petunjuk teknologi yang akan diusung di seri OnePlus 8 atau OnePlus 8T.

Konsep kamera tersembunyi dari OnePlus bisa disimak di video di bawah ini.

 

 



Sumber Ubergizmo
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X