Awas, Penipuan Lewat Call Forwarding untuk Retas Akun Ojek Online

Kompas.com - 10/01/2020, 19:27 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Belakangan ini, masyarakat dihebohkan dengan kasus penipuan yang mengatasnamakan Gojek lewat pengetikkan kode beserta nomor ponsel.

Kasus semacam ini sempat dialami oleh selebriti Maia Estianty beberapa waktu lalu.

Maia mengaku saldo GoPay-nya terkuras setelah mengikuti perintah oknum driver untuk melakukan panggilan telepon.

Oknum tersebut meminta Maia melakukan panggilan telepon dengan mengetikkan kode *21* pada awal nomor yang dituju.

Pihak Gojek mengonfirmasi bahwa kode *21* sejatinya bukan fitur dari Gojek, melainkan fitur call forwarding yang tersedia pada ponsel.

Fitur ini lalu dimanfaatkan oleh oknum penipu tadi untuk kemudian menguras isi GoPay milik Maia.

Call forwarding, menurut General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Aldin Hasyim, adalah fitur yang mampu mengalihkan panggilan suara ke nomor telepon lain yang dikehendaki.

Misalnya, jika salah satu nomor pengguna sedang sibuk atau di luar jangkauan, maka pengguna bisa mengaktifkan call forwarding untuk mengalihkan seluruh panggilan dari nomor tersebut ke nomor yang dikehendaki.

"Fitur Call Forward hanya bisa diaktifkan oleh pemilik nomor seluler yang bersangkutan," ujar Aldin kepada Kompas.com, Senin (30/12/2019) lalu. 

Jika kode *21* itu diikuti dengan nomor tujuan, maka seluruh panggilan telepon akan dialihkan ke nomor tersebut. Misalnya, *21*08131122#, maka seluruh panggilan akan dialihkan ke nomor 08131122.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X