Kecewa pada Zuckerberg, "Luke Skywalker" Hapus Akun Facebook

Kompas.com - 13/01/2020, 12:24 WIB
Mark Hamill bermain sebagai Luke Skywalker dalam Star Wars: The Last Jedi. Lucasfilm LtdMark Hamill bermain sebagai Luke Skywalker dalam Star Wars: The Last Jedi.

KOMPAS.com - Aktor pemeran Luke Skywalker di saga Star Wars, Mark Hamill menghapus akun Facebook miliknya. Kabar itu disampaikan aktor 68 tahun ini melalui akun Twitter pribadinya, @HamillHimself.

Pemeran Luke Skywalker ini mengaku geram dengan keputusan CEO Facebook, Mark Zuckerberg yang masih mempertahankan iklan politik di jejaring sosial buatannya.

Iklan politik di Facebook, memang tengah sedang menjadi sorotan, khususnya di Amerika Serikat jelang pemilu 2020 di negara tersebut.

Banyak orang mengecam iklan politik di Facebook karena tidak sedikit yang bermuatan propaganda dan kebohongan demi memenangkan sang pengiklan.

Baca juga: Facebook Akui Bantu Donald Trump Menangi Pilpres AS

Bahkan pada Oktober lalu, Facebook mengatakan tidak akan melakukan pemeriksaan fakta untuk iklan politik yang akan beredar di platform tersebut.

"Saya sangat kecewa bahwa Mark Zuckerberg lebih mengutamakan profit ketimbang kebenaran, itu lah sebabnya saya memutuskan untuk menghapus akun Facebook saya," tulis Hamill yang diikuti tagar #PatriotismOverProfit.

Hamill juga kemudian menambahkan dua emoji berupa bendera dan kantong dengan lambang dollar Amerika Serikat.

Sayangnya, emoji yang dipilih agaknya keliru, alih-alih bendera Amerika Serikat, Hamill justru meletakan emoji bendera Malaysia, yang sepintas memang mirip.

Ia juga melampirkan tautan artikel dari New York Times sebagai referensi dengan judul "Facebook Mengatakan Tidak Akan Mengurangi Kebohongan di Iklan Politik".

Artikel tersebut memuat pernyataan dari Director of Product Management Facebook, Rob Leathern.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X