Aplikasi Jenis Ini Paling Banyak Menghabiskan Waktu Pengguna Android

Kompas.com - 17/01/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi seseorang dengan smartphone baru. Dok. SamsungIlustrasi seseorang dengan smartphone baru.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Laporan berjudul 2020 State of Mobile dari firma riset App Annie menyebutkan Pengguna smartphone Android di seluruh dunia -kecuali China- menghabiskan waktu sekitar 1,8 triliun jam untuk mengakses aneka Android sepanjang 2019.

Menariknya, sebanyak 50 persen dari angka spending time tadi, atau sekitar 900 miliar jam, dipakai untukmembuka beragam aplikasi yang bernaung di bawah kategori sosial dan komunikasi (Social and Comms), meningkat 25 persen dibanding tahun 2017.

Baca juga: Pengguna Android Disarankan Hapus 17 Aplikasi Ini

Menurut laporan riset App Annie yang diterima KompasTekno, Jumat (17/1/2020), peningkatan itu terjadi lantaran komunikasi memang menjadi salah satu aspek yang krusial di kehidupan sehari-hari bagi para pengguna smartphone masa kini.

Terlepas dari kategori, tidak disebutkan aplikasi sosial dan komunikasi apa yang sebenarnya paling banyak dilirik oleh pengguna Android sepanjang 2019. Metodologi pengumpulan data App Annie selengkapnya bisa dilihat  di tautan berikut.

Grafik waktu yang dihabiskan pengguna di smartphone berdasarkan kategori aplikasi.App Annie Grafik waktu yang dihabiskan pengguna di smartphone berdasarkan kategori aplikasi.

Indonesia termasuk pengunduh terbanyak

Kembali ke riset App Annie, di bawah kategori sosial dan komunikasi, ada kategori aplikasi video dan hiburan yang menghabiskan sekitar 21 persen (378 miliar jam) dari total spending time pengguna ponsel Android di 2019.

Kemudian, kategori aplikasi game tercatat memiliki spending time mencapai 9 persen (162 miliar jam), dan kategori lainnya terpantau menyita waktu pengguna sekitar 19 persen (342 miliar jam) dari keseluruhan spending time.

Selain informasi tadi, App Annie juga mencatat temuan menarik lainnya untuk merangkum tahun 2019.

Baca juga: Ditipu Lewat Aplikasi, Pengguna Gojek Kehilangan Rp 28 Juta

Salah satunya seperti jumlah aplikasi yang sudah diunduh oleh pengguna smartphone di seluruh dunia, baik iOS maupun Android, dengan angka unduhan mencapai 204 miliar kali atau meningkat 6 persen dibanding tahun lalu.

Uniknya, Indonesia disebut sebagai salah satu negara penyumbang angka unduhan terbanyak bersama dengan India dan Brazil./

Pengguna gagdet juga tercatat menghabiskan uang sekitar 120 miliar dollar AS di dalam aplikasi smartphone, di mana 72 persennya berasal dari kategori aplikasi game.

Baca juga: Cara Hemat Baterai Android Seperti Ini Justru Bikin Boros

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber appannie
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X