Ikuti Facebook, WhatsApp Telah Diinstal 5 Miliar Kali di Android

Kompas.com - 20/01/2020, 17:04 WIB
Ilustrasi logo WhatsApp ReutersIlustrasi logo WhatsApp

KOMPAS.com - Aplikasi pesan instan WhatsApp kini mencatatkan pencapaian baru. Aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook Inc. ini menjadi salah satu yang paling banyak diunduh di dunia.

WhatsApp tercatat telah diunduh sebanyak lima miliar kali di Google Play Store. Dengan pencapaian ini, WhatsApp menjadi aplikasi kedua di luar Google yang berhasil meraih jumlah unduhan sebanyak ini.

Sejatinya, hanya segelintir aplikasi Android yang mencapai angka lima miliar unduhan.

Facebook mencapai angka tersebut pada tahun 2019. Itu pun berkat kemitraannya dengan Samsung dan sejumlah OEM lainnya untuk menyediakan aplikasi Facebook secara pre-install.

Jumlah unduhan ini dicapai WhatsApp pada Desember 2019. Saat ini, jumlah pengguna aktif WhatsApp tercatat lebih dari 1,5 miliar pengguna setiap bulan.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phonearena, Senin (20/1/2020), di Amerika Serikat, popularitas WhatsApp masih berada di belakang Facebook Messenger dan Snapchat.

Sementara di luar AS, terutama di negara-negara berkembang, WhatsApp bukan hanya digunakan sebagai alat komunikasi, melainkan juga alat bagi bisnis untuk menjangkau konsumen dan pelanggan.

Baca juga: Video: Cara Video Call 4 Orang Bersamaan di WhatsApp

Sebelumnya, WhatsApp dinobatkan sebagai aplikasi yang terpopuler, atau paling banyak di-download sepanjang 2019.

Hal ini terungkap dari hasil riset firma peneliti aplikasi Sensor Tower di dalam laporan "Store Intelligence Data Digest: 2019 Year in Review".

WhatsApp diakuisisi oleh Facebook pada 2014. Awalnya, Facebook juga akan menyisipkan iklan pada WhatsApp, mirip dengan Instagram.

Halaman:


Sumber phonearena
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X