PSBB DKI Jakarta Hari Ini, Operator Seluler Antisipasi Lonjakan Trafik

Kompas.com - 10/04/2020, 09:26 WIB
Ilustrasi BTS 4G Telkomsel di salah satu titik di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi BTS 4G Telkomsel di salah satu titik di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

KOMPAS.com - Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai berlaku hari ini, Jumat (10/4/2020) di seluruh kawasan Ibu kota. Kebijakan ini akan berlangsung hingga 23 April.

Dengan berlakunya PSBB, pergerakan masyarakat di beberapa sektor dan di ruang publik dibatasi sedemikian rupa selama 14 hari ke depan, untuk meminimalisir penyebaran wabah Covid-19.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pun meminta agar semua operator telekomunikasi melakukan sejumlah persiapan, sebab aturan PSBB lebih ketat mengatur kerumunan orang, dibandingkan kebijakan bekerja dan belajar dari rumah.

Baca juga: PSBB Mulai Berlaku di Jakarta, Erafone dkk Tetap Buka Toko

"Menghadapi PSBB, kami meminta semua operator telekomunikasi bersiap menghadapi kemungkinan lonjakan traffic yang tidak seperti biasanya," ujar Dirjen PPI Kemenkominfo, Ahmad M. Ramli dalam pesan instan ketika dihubungi KompasTekno, Kamis (9/4/2020).

Menurut Ramli, seluruh operator seluler yang beroperasi di Indonesia menyatakan bahwa mereka siap untuk menghadapi lonjakan trafik ketika PSBB berlangsung, serta turut menjaga Quality of Service (QoS) dan Quality of Experience (QoE) jaringan telekomunikasinya. 

Selengkapnya, berikut kesiapan operator seluler Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Tri, hingga Smartfren dalam menghadapi PSBB di DKI Jakarta dan menyusul sejumlah wilayah lain pekan depan.

Telkomsel

Operator pelat merah Telkomsel memprediksi bahwa bakal ada kenaikan trafik data (payload) pada masa PSBB. Meski angkanya belum pasti, Telkomsel mengklaim jaringannya siap untuk menerima lonjakan trafik tersebut.

"Menjelang PSBB, bandwidth Telkomsel aman, payload (saat PSBB) sudah pasti naik," ujar General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Aldin Hasyim dihubungi KompasTekno, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Ramai Video Paket Data Telkomsel 30 GB Rp 10, Ini Faktanya

Aldin juga mengatakan bahwa Telkomsel memastikan terus mendukung pemerintah untuk menyediakan layanan telekomunikasi berkualitas untuk masyarakat, termasuk mengoptimasi Base Transceiver Station (BTS) dan beragam perangkat telekomunikasi lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X