Inilah Kyocera DuraXV, Ponsel Lipat yang Bisa Dicuci dengan Sabun

Kompas.com - 19/04/2020, 19:04 WIB
Kyocera DuraXV SlashgearKyocera DuraXV

KOMPAS.com - Sejumlah penelitian menyebut bahwa ponsel menjadi benda yang lebih jorok dibandingkan dengan dudukan toilet.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 ini, ponsel berpotensi menjadi medium penularan virus corona jika diletakkan di sembarang tempat dan tidak dibersihkan dengan benar.

Kendati demikian, membersihkan ponsel juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi asal menyemprotkan carian alkohol atau disinfektan.

Dihimpun dari Cnet, carian alkohol dengan takaran dan konsentrasi yang salah justru bisa merusak lapisan oleophobic dan hydrophobic yang menjaga layar ponsel dari minyak serta air.

Namun ternyata ada sebuah ponsel lipat yang bisa dibersihkan dengan cara yang lebih mudah, bahkan, dengan sabun sekalipun. Ponsel tersebut adalah bernama Kyocera DuraXV.

Jangan dulu membayangkan ponsel lipat ala Galaxy Fold atau Huawei Mate X. Ponsel lipat ini mirip dengan ponsel jadul dengan mekanisme lipatan clamshell atau menyerupai cangkang kerang.

Baca juga: Inilah 3 Merek Smartphone yang Paling Sering Dipalsukan di China

Kyocera DuraXV diklaim bisa dicuci dengan sabun ringan yang tidak mengandung banyak detergent seperti sabun bayi. Selain itu, ia juga bisa dibersihkan dengan tisu basah atau carian berbasis etanol 70 persen atau alkohol isopropyl.

Perlu diperhatikan bahwa ponsel ini bukanlah smartphone yang kaya akan fitur. Ia hanya dibekali beberapa fitur terbatasserta desain lawas termasuk tombol fisik dan bentang layar ponsel yang tak luas yakni 2,6 inci.

Namun, ponsel ini menjalankan sistem operasi Android open-source yang di dalamnya terdapat aplikasi browser, e-mail, navigasi, dan perpesanan. Ponsel ini memang mengunggukan ketangguhan, bukan kecanggihan.

Salah satu buktinya adalah sertifikasi standar militer MIL-SPEC 810G yang artinya, tahan akan debu, guncangan, getaran, suhu ekstrem, hujan, tekanan rendah, radiasi matahari, kelembaban, dan hujan es.

Baca juga: IDC: Pasokan Smartphone di Indonesia Bakal Turun dan Harga Naik

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Slash Gear
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X