Buntut Kematian George Floyd, Android 11 Batal Meluncur Minggu Ini

Kompas.com - 01/06/2020, 09:09 WIB
ilustrasi Android 11 theverge.comilustrasi Android 11

KOMPAS.com - Google telah mengumumkan menunda acara tahunan Google I/O yang sedianya digelar pada Mei, akibat pandemi Covid-19. Ajang Google I/O dipakai Google untuk mengenalkan produk baru, seperti ponsel Pixel dan OS Android terbaru.

Khusus untuk pengenalan Android 11, Google rencananya mengadakan acara khusus yang digelar secara virtual pada Rabu (3/6/2020) minggu ini.

Tapi agenda yang bertajuk "What's new in Android" dan "All things privacy in Android 11" itu belakangan kembali ditunda, diduga akibat kerusuhan yang dipicu oleh peristiwa kematian George Floyd di Minneasota, AS.

Baca juga: Kicauan Donald Trump Soal Kekerasan di Minneapolis Disembunyikan Twitter

Google memang tidak menyebut alasan penundaan tersebut, tetapi lewat akun Twitter resmi @AndroidDev, dikatakan bahwa ini waktu yang tidak tepat untuk mengadakan perayaan.

"Kami menunda acara 3 Juni dan peluncuran beta (Android 11). Kami akan memberi tahu lebih lanjut tentang Android 11 dalam waktu dekat," tulis akun Android Developers.

Untuk diketahui, warga di AS tumpah ruah ke jalanan untuk melakukan protes atas kematian George Floyd, pria kulit hitam yang tewas setelah seorang oknum polisi melakukan kekerasan terhadapnya di Minneasota.

Video aksi kekerasan itu pun viral, sehingga memicu kemarahan di berbagai negara bagian. Kematian Floyd memunculkan isu rasisme yang kuat di AS yang kemudian membuat sebagian besar kalangan ikut bersimpati, mulai dari politisi, selebriti, hingga influencer gadget.

Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (1/6/2020), mulanya acara peluncuran Android 11 akan dihadiri vice president of engineering Android, Dave Burke dan director of product management, Stephanie Cuthbertson sebagai pembicara.

Google belum mengonfirmasikan kapan acara akan dijadwalkan ulang. Namun menurut Google, penundaan ini tidak akan mengubah jadwal peluncuran Android 11 versi final, yang direncanakan pada kuartal III-2020.

Baca juga: 11 Fitur Baru yang Bakal Hadir di Android 11

Perilisan Android 11 versi beta sendiri kabarnya akan mencakup versi final API SDK dan NDK. Kemudian versi beta 2 yang rencananya dirilis bulan Juli, ditargetkan sudah stabil, alias tidak memiliki bug berarti.

Lalu perilisan versi beta 3, yang merupakan versi final, akan dilakukan pada Agustus mendatang.

Google sendiri telah merilis Android 11 versi developer preview. Dari versi tersebut, ada beberapa penampakan fitur baru yang akan dibawa, seperti perekaman layar bawaan dan riwayat notifikasi.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNET
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X