11 Fitur Baru yang Bakal Hadir di Android 11

Kompas.com - 24/02/2020, 06:58 WIB
ilustrasi Android 11 theverge.comilustrasi Android 11

KOMPAS.com - Android 11 versi pengembang kini sudah bisa dicoba oleh para pengguna ponsel Pixel. Biasanya, Google memperkenalkan sistem operasi Android teranyar setiap tahun dalam gelaran I/O.

Sebelum mengumumkannya secara resmi, Google membagikan sedikit bocoran informasi mengenai fitur-fitur apa saja yang bakal hadir di Android 11.

KompasTekno telah merangkum 11 fitur yang akan tersedia di Android 11 nanti, dihimpun dari Computer World, Senin (24/2/2020).

Secara umum, banyak fitur-fitur yang sudah ada di Android 10 namun dengan beberapa peningkatan di dalamnya.

1. Kamera dan mikrofon hanya aktif saat aplikasi digunakan

Pada Android 10, Google telah membatasi akses aplikasi terhadap lokasi pengguna. Akses lokasi tersebut diberikan hanya ketika aplikasi dalam kondisi aktif, bukan berjalan di background (latar belakan).

Fitur ini membuat privasi pengguna menjadi lebih terjaga.

Pada Android 11, Google meningkatkan keamanan privasi tersebut. Nantinya, sama halnya dengan lokasi, kamera dan mikrofon juga akan dibatasi aksesnya.

Sehingga kamera dan mikrofon hanya akan aktif ketika aplikasi dibuka. Setelah aplikasi ditutup, kamera dan mikforon akan non-aktif.

2. Akses lokasi di background diperketat

Google kini tampaknya lebih memperhatikan masalah privasi. Pada Android 11 nanti, Google akan memperketat perizinan akses lokasi aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Alasanya, selama ini banyak aplikasi yang mengaku perlu akses lokasi pengguna saat berjalan di latar belakang. Padahal, tanpa akses tersebut, aplikasi tetap masih akan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Nantinya, Google akan mengotorisasi aplikasi secara manual untuk menentukan apakah mereka mereka benar-benar butuh akses lokasi di background atau tidak.

3. Mempermudah update aplikasi di Play Store

Android 11 akan mengikuti jejak Android 10, di mana Google bisa memperbarui beberapa elemen di sistem.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X